Dark/Light Mode

Jakarta PSBB Lagi, Aprindo Jamin Tak Ada Panic Buying

Sabtu, 12 September 2020 23:32 WIB
Ilustrasi toko ritel. (Foto: ist)
Ilustrasi toko ritel. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey memastikan, toko ritel modern saat PSBB nanti tetap menjaga ketersediaan barang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Logistik tetap menjadi salah satu sektor yang diperbolehkan buka. Kami siap menjaga ketersediaan barang. Selain itu, stabilitas harga kebutuhan pun dijamin terjaga," katanya kepada RMco.id, Sabtu (12/9).

Baca juga : DKI PSBB Lagi, Tempat Ibadah dan 11 Perkantoran Tetap Buka

Ia juga memastikan, tingkat kunjungan masyarakat sampai hari ini di toko ritel tak mengalami kenaikan signifikan. Semua masih berjalan normal. Rata-rata kunjungan hanya boleh 30 persen selama masa transisi dan protokol kesehatan pun telah dijalankan dengan baik.

"Panic buying tidak akan terjadi kembali terjadi seperti pelaksanaan PSBB tahap I, karena masyarakat juga lebih sadar bahwa tak seburuk itu," imbuhnya.

Baca juga : Jakarta Kembali Ke PSBB Awal, PKS Dukung Anies

Pihaknya mengimbau agar pemerintah daerah tidak memberlakukan PSBB seketat pada April-Juni dan memberi izin operasional mal dan ritel modern seperti masa transisi. Operasional mal dan ritel penting untuk menjamin konsumsi masyarakat dapat terpenuhi.

Ia menegaskan, panic buying terjadi dikarenakan kelompok menengah atas. Hal ini tidak sepatutnya dilakukan apalagi panic buying ini bisa memicu kecemburuan sosial pada kalangan menengah bawah yang tidak mampu untuk membeli kebutuhan bahan pokok. 

Baca juga : Jakarta PSBB, ASN Boleh WFH

"PSBB besok tidak sama dengan PSBB yang lalu karena PSBB yang sekarang ini pemerintah sudah bisa memetakan mana sektor yang bisa ditutup dan boleh dibuka," tegasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.