Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penting, Pengarusutamaan Keanekaragaman Hayati untuk Pembangunan Berkelanjutan

Rabu, 16 September 2020 20:50 WIB
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Istimewa)
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia merupakan negara dengan kekayaan keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia. Bahkan, bila digabungkan dengan keanekaragaman hayati di laut, Indonesia menjadi yang pertama. Karena itu, komitmen dan upaya pengelolaan keanekaragaman hayati Indonesia pun harus terus dikembangkan dan diarahkan untuk pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, keanekaragaman hayati merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. “Biodiversitas (keanekaragaman hayati) memiliki peranan penting, seperti menyediakan bahan pangan, sebagai sumber energi, sumber air, memberikan lingkungan berkualitas, ketenangan spiritual, juga sebagai penjaga kelestarian budaya, mental, dan kesehatan kita sebagai manusia. Seluruh aspek kehidupan kita sangat dipengaruhi biodiversitas. Jadi, sangat jelas biodiversitas merupakan aset jangka panjang kita,” ungkapnya saat menjadi keynote speaker pada International One-Day Webinar on Indonesian Biodiversity “Mainstreaming biodiversity conservation, bioprospection, and bioeconomy for sustainable livelihood”, Rabu (16/9).

Baca juga : Wujudkan Langit Biru, Pertamina Kampanyekan Pemakaian BBM Berkualitas

Diperkirakan, sekitar 40 juta orang Indonesia yang tinggal di pedesaan bergantung pada keanekaragaman hayati untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dibutuhkan upaya lebih untuk melakukan konservasi keanekaragaman hayati serta bioprospeksi dan bioekonomi berkelanjutan. Kesadaran publik dan kerja sama dari setiap aspek pemangku kepentingan sangat diperlukan. Karenanya, pengarusutamaan keanekaragaman hayati menjadi penting.

“Pengarusutamaan keanekaragaman hayati merupakan upaya kolektif untuk mengintegrasikan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan konservasi dan pemanfaatan keanekaragaman hayati berkelanjutan pada setiap tahapan kebijakan, rencana, program, dan siklus proyek setiap pemangku kepentingan. Jadi jelas harus dimulai saat penyusunan kebijakan sampai nanti eksekusinya,” ujar Bambang.

Baca juga : Pertolongan Pertama Ala Keluarga Hansaplast

Pada kesempatan tersebut, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mengatakan, dalam jangka panjang, upaya pengarusutamaan keanekaragaman hayati akan membawa perubahan paradigma kolektif pelestarian dan peningkatan status keanekaragaman hayati serta menghasilkan kesejahteraan manusia baik dalam segi ekonomi maupun sosial. “Pengarusutamaan keanekaragaman hayati sendiri bertujuan memasukkan tindakan terkait konservasi dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan demi masa depan dan pengembangan negara kita Indonesia,” terang Handoko.

Acara ini dihadiri berbagai pembicara dan pembahas yang ahli dalam bidang konservasi, bioprospeksi dan bioekonomi keanekaragaman hayati yang berasal dari LIPI, Bappenas, Universitas Padjadjaran, University of California Berkeley (UC Berkeley), University of California Davis (UC Davis), University of Alaska, diaspora dari Oregon State University serta Lancaster University. Juga peserta dari berbagai negara antara lain India, United Kingdom, United State of America, Jepang, Australia, Belanda, Thailand, Jerman, dan Timor Leste. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.