Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Pariwisata Di Pulau Lemukutan, PLN Kucurkan Bantuan Senilai Rp 150 Juta

Senin, 21 September 2020 14:50 WIB
PLN UIW Kalbar secara simbolis memberikan bantuan Rp 15 Juta untuk merehabilitasi terumbu karang di Pulau Lemukutan. (Dok. PLN Kalbar)
PLN UIW Kalbar secara simbolis memberikan bantuan Rp 15 Juta untuk merehabilitasi terumbu karang di Pulau Lemukutan. (Dok. PLN Kalbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan kondisi terumbu karang di Pulau Lemukutan, PLN UIW Kalbar memberikan bantuan rehabilitasi terumbu karang melalui program bina lingkungan senilai Rp. 150 juta rupiah.

Bantuan diserahkan secara simbolis di kantor Balai Desa Pulau Lemukutan pada Sabtu (19/9).

Menurut Senior Manajer SDM dan Umum PLN Kalbar, Ordaia Arqam Nja'Oemar, pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui coral garden berbasis konservasi, meningkatkan pendapatan masyarakat dan menambah alternatif mata pencaharian masyarakat.

Dikatakannya, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

Baca juga : Waskita Raup Kontrak Baru Senilai Rp 9,6 T

Program bina lingkungan PLN kali ini memfokuskan pada upaya konservasi dengan teknik transplantasi pada beberapa titik terumbu karang di kawasan pulau Lemukutan yang mengalami kerusakan.

“Bekerjasama dengan yayasan Jejak Pesisir Nusantara, PLN melaksanakan program rehabilitasi karang di pulau lemukutan. PLN senantiasa mendukung upaya pelestarian alam karena memiliki peran penting dalam menumbuhkan ekosistem laut," kata Arqam.

Ia berharap, dengan membaiknya kualitas terumbu karang di Pulau Lemukutan, kawasan ini akan semakin menarik wisatawan yang datang sehingga berdampak pada perkembangan ekonomi di Pulau Lemukutan.

“Dengan terpeliharanya terumbu karang, akan berpotensi menjadi objek wisata bawah air yang menarik para Wisatawan. Semoga dengan program bina lingkungan yang kami laksanakan dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, dan PLN turut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi melalui pariwisata,” tambah Arqam.

Baca juga : Ajak Perusahaan ke Bulan, NASA Siapkan Rp 300 Juta

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Arief Rienaldi, mengapresiasi PLN yang telah ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi wisata bahari di Kalimantan Barat.

“Kita tahu bahwa pulau lemukutan merupakan andalan wisata bahari yang masih memerlukan pengembangan oleh semua pihak, seperti pembinaan masyarakat dan fasilitas lainnya untuk mendukung serta meningkatkan geliat pariwisata,” ungkap Arief.

Kepala Desa Pulau Lemukutan, Ahmad Yusuf juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN atas bantuan dan partisipasinya dalam mendorong meningkatkan status desa mandiri di Pulau Lemukutan dari sisi pariwisata.

Bantuan yang telah diberikan PLN diharapkan juga dapat mendorong meningkatnya status desa mandiri dari sisi pariwisata di Pulau Lemukutan.

Baca juga : 15 Juta Usaha Mikro Bakal Terima Bantuan Tunai Rp 2,4 Juta

"Kami akan jaga kepercayaan dari PLN ini, dan mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak akan semakin meningkatkan perekonomian di Pulau Lemukutan," pungkas Ahmad Yusuf. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.