Dark/Light Mode

Dongkrak Ekonomi Maritim, Garuda Buka Rute Khusus Kargo Manado-Narita

Kamis, 24 September 2020 13:32 WIB
Garuda Indonesia. (Foto: ist)
Garuda Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Garuda Indonesia membuka layanan penerbangan baru khusus kargo dengan rute penerbangan Manado-Narita PP.

Pembukaan rute ini sebagai upaya maskapai pelat merah itu mendorong daya saing komoditas ekspor kemaritiman nasional dan produk unggulan ekspor lainnya melalui aksesibilitas jaringan pengiriman kargo.

Baca Juga : Pemprov DKI dan Bank DKI Gandeng Gopay untuk Mudahkan Pembayaran Pajak

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan khusus kargo tersebut mulai beroperasi, Rabu (23/9). Garuda akan melayani penerbangan 1 kali per perminggunya dengan menggunakan armada A330-200 berkapasitas 35 ton. Penerbangan tersebut terkoneksi langsung dengan sejumlah destinasi penerbangan lainnya, seperti Jakarta, Makassar dan Ambon.

Irfan mengungkapkan, Garuda ingin ikut berperan aktif di garda terdepan dalam memajukan sektor perekonomian nasional. Peningkatan aksesibilitas jaringan pengiriman kargo ini diharapkan dapat memperluas ekspor komoditas unggulan Indonesia ke pasar dunia.

Baca Juga : Ketua KONI Sulteng Positif Corona, Workshop Persiapan Menuju PON Batal

"Pengoperasian rute penerbangan kargo ini merupakan tindak lanjut dari inisiatif kami bersama Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey dalam meningkatkan daya saing produk maritim dan hasil bumi Sulawesi Utara melalui pengembangan konektivitas jalur kargo udara dari salah wilayah penghasil tuna segar terbesar di Indonesia ini," katanya di Jakarta, Kamis (24/9).

Irfan menjelaskan, penerbangan kargo ini diharapkan dapat menjadi langkah berkelanjutan kerja sama antara Garuda dan Pemprov Sulut untuk dapat mempersingkat waktu pengiriman komoditas ekspor sehingga biaya logistik jadi lebih murah. Dengan penerbangan langsung, kata Irfan, kualitas dan kesegaran produk ekspor juga diharapkan dapat lebih terjaga.

Baca Juga : Dapat Nomor Urut 2 di Pilkada Depok, Idris Kasih Salam Pistol, Pradi Diam Saja

Irfan menilai, sebagai tahap awal, penerbangan khusus kargo ini hanya akan melayani penerbangan langsung ke Narita, Jepang. Namun, ke depannya akan mengembangkan jaringan penerbangan khusus kargo ini ke negara potensial lainnya seperti China dan Hong Kong. [KPJ]