Dark/Light Mode

Ditarget Rampung Oktober 2021

Progress Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Capai 55,17 Persen

Selasa, 29 September 2020 21:05 WIB
Proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (Dok : Angkasa Pura I)
Proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (Dok : Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
Hal ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I mengatasi masalah lack of capacity. Kapasitas ideal terminal Bandara Sultan Hasanuddin hanya dapat menampung 7 juta penumpang per tahun.

Sementara pada 2019, trafik penumpang bandara ini sudah mencapai 10,7 juta penumpang.

Baca juga : Nih, 4 Sektor Potensial Pengembangan Industri Halal Nasional

"Pengembangan bandara merupakan solusi mutlak yang harus dilakukan seiring dengan upaya perwujudan visi baru perusahaan ‘Menjadi Penghubung Dunia yang Lebih dari sekedar Operator Bandar Udara dengan Keunggulan Layanan yang Menampilkan Keramahtamahan Khas Indonesia’,” katanya.

Dijelaskan, proyek pengembangan Tahap I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ini terdiri dari 2 paket pekerjaan, yaitu Paket 1 yang terdiri dari pekerjaan revitalisasi terminal eksisting, perluasan terminal eksisting sisi selatan, gedung parkir, akses jalan utama terminal.

Baca juga : Angkasa Pura I Kembangkan Bandara Dan Pariwisata Di Indonesia

Paket 2 terdiri dari pekerjaan pembangunan apron selatan dan apron timur beserta infrastruktur penunjang. Pengembangan Paket 1 dikerjakan oleh WIKA dengan nilai Rp 2,6 triliun.

Sedangkan pengembangan Paket 2 dengan nilai proyek sebesar Rp 464,2 miliar ini nantinya akan menambah kapasitas apron menjadi 37 parking stand dari jumlah saat ini yang hanya 34 parking stand.

Baca juga : Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Ditargetkan Kelar Mei 2021

Faik mengungkapkan, pengembangan bandara-bandara Angkasa Pura I merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan konektivitas udara dan pengembangan wilayah, khususnya di wilayah tengah dan timur Indonesia yang masih belum dikembangkan secara optimal.

Selain itu, pengembangan juga dimaksudnya untuk senantiasa meningkatkan layanan dengan mengutamakan standard keselamatan dan kemanan penerbangan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.