Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BI Beri Beasiswa Ke 2.200 Mahasiswa PTN dan PTS

Rabu, 30 September 2020 16:59 WIB
Deputi Gubernur BI Doni P Joewono. (Foto: Istimewa)
Deputi Gubernur BI Doni P Joewono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) menyerahkan beasiswa kepada 2.200 mahasiwa dari 39 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia.

Langkah ini sebagai wujud komitmen bank sentral dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing untuk Indonesia maju.

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono mengatakan, penerima beasiswa BI sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat menjadi pertama, seorang frontliners, yaitu menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan BI secara kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum.

Baca juga : BPIP Berikan Anugerah Ke 75 Ikon Prestasi Pancasila

Kedua sebagai Change Agents, yaitu menjadi agen perubahan dengan cara menjadi role model atau teladan di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat. "Terakhir future leaders, yaitu menjadi pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan," jelasnya dalam Program Dedikasi untuk Negeri: Penyerahan Beasiswa BI Tahun 2020 secara virtual, di Jakarta, Rabu (30/9).

Sejak tahun 2011 hingga saat ini, BI telah bekerja sama dengan 175 Perguruan Tinggi, dengan jumlah penerima beasiswa mencapai lebih dari 25 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

Penyerahan beasiswa merupakan bagian dari fokus utama program dedikasi untuk negeri dalam pengembangan kapasitas SDM unggul, termasuk di antaranya peningkatan kapasitas SDM dalam merespons era digital.

Baca juga : ALE Berikan Gambaran Bisnis di Masa Pandemi

Dengan beasiswa ini, menurut Doni diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan, meningkatkan indeks pembangunan manusia guna meningkatkan daya saing bangsa melalui SDM yang kreatif, mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Doni mengatakan penerima beasiswa akan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan mendapatkan berbagai pembekalan terkait dengan peningkatan kompetensi seperti pelatihan, seminar baik nasional maupun internasional, serta diikutsertakan dalam berbagai kegiatan BI.

"Dengan semangat dedikasi untuk Negeri, BI berkomitmen untuk senantiasa mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia dalam membangun SDM yang unggul, andal, dan kompeten untuk Indonesia maju," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.