Dark/Light Mode

Menteri Teten Imbau Stimulus Pemerintah Harus Maksimal

Kamis, 1 Oktober 2020 09:30 WIB
Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau, agar koperasi yang terkena dampak pandemi Covid-19 tetap bertahan dan memanfaatkan bantuan pemerintah khusus Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) secara optimal.

Hal ini mengingat, koperasi yang anggotanya bergerak di bidang UMKM terpukul. Sebagai konsekuensi pembatasan aktivitas masyarakat yang mengakibatkan penurunan omzet.

Berita Terkait : Menteri Teten Dorong UMKM Kuasai Keterampilan Bisnis Digital

“Pelaku UMKM tidak dapat mengembalikan pinjaman kepada Koperasi, dan terjadilah risiko debitur default (gagal bayar)," sebut Teten dalam keterangannya, Kamis (1/10).

Dari sisi ikuiditas, koperasi juga terganggu karena adanya peningkatan penarikan dana anggota yang cukup signifikan, tetapi tidak diimbangi dengan pemasukan dari pembayaran pinjaman anggota.

Berita Terkait : Menteri Teten: UMKM Harus Cepat Kuasai Bisnis Digital

Hal ini berdampak besar pada ketidakpercayaan anggota terhadap koperasi, yang pada akhirnya terjadi rush money dan masalah hukum.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini, Teten bilang, kebijakan yang dilakukan pemerintah melalui program PEN di antaranya Subsidi Bunga, Penempatan Dana Pemerintah, Restrukturisasi Kredit, Penjaminan Kredit Modal Kerja Baru, Pembiayaan Investasi kepada Koperasi melalui LPDB, sangat diperlukan dan dimanfaatkan secara maksimal.
 Selanjutnya