Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapat Kontrak Subsidi Rp 377 M, ASDP Layani 187 Lintasan Perintis

Jumat, 2 Oktober 2020 16:13 WIB
Kapal penyeberangan/Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenhub)
Kapal penyeberangan/Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meraih kontrak subsidi perintis senilai Rp 377 miliar yang ditargetkan dapat melayani 187 lintasan perintis di seluruh Indonesia dengan 73 unit kapal dan 76.654 trip. 

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan, angkutan penyeberangan perintis menjadi salah satu moda transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi Indonesia berbentuk kepulauan, layanan angkutan perintis ini menjadi jalan pembuka terisolasinya suatu daerah untuk menghubungkan daerah satu dengan lain untuk meningkatkan perkembangan wilayah. 

Baca juga : Corona Masih Jadi Ancaman Liga Inggris dan Seri A

"Tahun ini ASDP melayani sekitar 187 lintasan perintis atau bertambah 25 lintasan dibandingkan 2019 sebanyak 162 lintasan. Lalu, layanan kapal perintis juga bertambah, dari 69 unit di 2019 menjadi 73 unit tahun ini. Sedangkan trip juga naik 30 persen, dari 58.630 trip tahun lalu, menjadi 76.654 trip pada tahun ini," kata Shelvy dalam keterangan resminya, Jumat (2/10). 

Shelvy menjelaskan, data menyebutkan, angkutan penyeberangan perintis tahun ini telah mencapai 253 lintasan yang dilayani. Selama ini, kehadiran ASDP bagi masyarakat yang berada di pulau terluar dan terdepan sangat besar kemanfaatannya. 

Baca juga : Bupati Kotim Supian Hadi Mangkir dari Panggilan Penyidik KPK

"Tentunya, ASDP sebagai agen pembangunan juga berharap dapat berkontribusi lebih maksimal lagi, memberikan layanan keperintisan yang andal dan memadai. Kita ingin agar kehadiran ASDP benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan, selama hampir 28 tahun sejak 1992, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menginisiasi kebijakan subsidi angkutan penyeberangan perintis yang sangat berperan besar dalam menyambung ikatan kemasyarakatan antar pulau. Budi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh operator penyeberangan yang selama ini telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal angkutan penyeberangan. 

Baca juga : Kasus Corona Naik Terus, Rupiah Dibayangi Tren Penurunan

Ia mengatakan, apabila mengikuti tren dalam ilmu transportasi saat ini yaitu multimoda transport system, nantinya angkutan penyeberangan baik komersial maupun perintis di masa mendatang diharapkan dapat terintegrasi dengan moda lain dan menjadi bagian dari seamless transport system. "Dengan ini saya berharap dukungan para stakeholders, khususnya kepada operator angkutan penyeberangan perintis dan operator pelabuhan penyeberangan untuk mengoptimalkan suplay layanan angkutan penyeberangan perintis dan kepada Pemerintah daerah untuk mendorong demand layanan angkutan penyeberangan perintis," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.