Dark/Light Mode

Nilai Transaksinya Capai Rp 55 Triliun

90 Persen E-Commerce Dikuasai Produk Impor...

Rabu, 7 Oktober 2020 06:13 WIB
Nilai Transaksinya Capai Rp 55 Triliun 90 Persen E-Commerce Dikuasai Produk Impor...

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng menyampaikan, dari transaksi e-commerce sebesar Rp 55,9 triliun, produk lokal masih belum begitu diminati mayoritas konsumen e-commerce.

“Sisi national interestsulit terpenuhi. Banyak konsumen e-commerce generasi muda. Lebih dari 90 persen market place menjual barang impor, dan hanya 7 persen kontribusi untuk produk lokal di e-commerce,” terangnya.

Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengklaim bahwa sekarang ini sudah ada hampir 9 juta penjual di Tokopedia.

Baca juga : Waduh, 94 Persen Alat Kesehatan Masih Impor

Dan, mayoritas dari mereka berskala UMKM. “Jumlahnya mencapai 94 persen, mereka adalah berskala ultra mikro,” jelas Nuraini. Dia bilang, kunci menghadapi pandemi adalah berkolaborasi dan berinovasi.

Nuraini mengungkapkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mendorong sebanyak-banyaknya pegiat usaha lokal. Khususnya UMKM, dalam mempertahankan bisnis di tengah adaptasi kebiasaan baru.

“Kami yakin UMKM berperan dalam pemulihan ekonomi, kita harus mendukung sama-sama. Kami juga berharap lebih banyak masyarakat bangga buatan Indonesia,” jelas Nuraini.

Baca juga : Waduh, 94 Persen Alat Kesehatan Masih Impor

Head of Marketing Shopee Indonesia Handhika Jahja, menganjurkan pelaku UMKM pintar membaca permintaan pasar. “Jenis produk terlaris awal pandemi mayoritas konsumen berbelanja kebutuhan pokok seperti sembako,” ungkapnya.

Dia tidak menyebut rinci berapa besarnya transaksi yang dihasilkan dari UMKM di platform Shopee. Handhika Cuma bilang, UMKM di platform-nya terus bertumbuh.

Shopee mencatat kenaikan transaksi di kuartal II/2020 hingga 130 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Chief Executive Officer (CEO) Shopee, Chris Feng menyebut, salah satu produk UMKM yang laris manis adalah perlengkapan perawatan dan kecantikan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.