Dark/Light Mode

Produksi Vaksin Covid-19, CEPI Percayakan Bio Farma

Kamis, 15 Oktober 2020 12:22 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau PT Bio Farma, yang merupakan pusat produksi vaksin Covid-19 di Indonesia (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat meninjau PT Bio Farma, yang merupakan pusat produksi vaksin Covid-19 di Indonesia (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Pada masa yang akan datang, kolaborasi dengan CEPI tidak sebatas vaksin Covid-19 saja. Melainkan juga pengembangan vaksin pandemi lainnya, melalui berbagai teknologi terkini. Diharapkan, Bio Farma bisa mendapatkan akses terhadap berbagai teknologi pembuatan vaksin. Sehingga, akan memperkuat kemandirian vaksin secara nasional.

Pengalaman Internasional

Baca juga : Satgas Covid-19 Minta Pendemo Terapkan Protokol Kesehatan

Honesti Basyir mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh CEPI tidak lepas dari pengalaman panjang Bio Farma di dunia internasional sejak tahun 1997.

Bio Farma tercatat sebagai salah satu dari 29 produsen vaksin di dunia, yang telah mendapatkan prakualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai syarat telah memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP). Sehingga, vaksin hasil dari Bio Farma, sudah digunakan di 150 negara.

Baca juga : Pemerintah Antisipasi Klaster Covid-19 Dampak La Nina

Bahkan, salah satu organisasi Internasional pernah mempercayai Bio Farma sebagai Presiden, yaitu Developing Countries Vaccine Manufacturer Network (DCVMN) / Gabungan Produsen Vaksin dari Negara Berkembang, selama dua periode 2012 – 2014 dan 2014 - 2016.

Bio Farma juga dipercaya dalam pengembangan teknologi transfer teknologi vaksin untuk kemandirian di negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Bahkan, dijadikan laboratorium rujukan, setelah Indonesia ditunjuk sebagai Center of Excellent vaksin dan bioteknologi di negara-negara OKI.

Baca juga : Petani Kamboja Tangkal Covid-19 Pakai Orang-orangan Sawah

“Pada tahun 2019 yang lalu, tercatat lebih dari 16 negara anggota OKI yang belajar langsung kepada kami, mengenai pendistribusian vaksin, saat Bio Farma menjadi tuan rumah pada acara Workshop Cold Chain Management System (rantai dingin) untuk negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI)," tutup Honesti. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.