Dark/Light Mode

Pelabuhan Benoa Bakal Jadi Rumah Kapal Besar

Senin, 11 Maret 2019 20:45 WIB
Revitalisasi Pelabuhan Benoa Bali diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan tersebut. (Foto: Humas Pelindo III)
Revitalisasi Pelabuhan Benoa Bali diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan tersebut. (Foto: Humas Pelindo III)

 Sebelumnya 
Home Port Cruise

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Toto Nugroho Pranatyasto menambahkan, pengerukan kolam dan pendalaman alur akan meningkatkan jumlah  kunjungan kapal pesiar ke Benoa. Tak hanya menjadi tempat transit, Pelabuhan Benoa juga diyakini akan menjadi home port cruise alias rumah kapal besar. Dengan konsep ini,  kapal pesiar berangkat dari Benoa, kemudian berkeliling ke Indonesia Timur,  lalu kembali lagi ke Benoa.

Baca juga : Saat Sandi Nostalgia Di Rumah Tempat Dia Dibesarkan

Home port cruise akan berdampak positif bagi perekonomian di Bali. Saat kapal pesiar bersandar di pelabuhan, turis akan meningkatkan length of stay (lama tinggal). Sehingga, mereka akan lebih banyak berbelanja. Hotel, restoran, toko-toko souvenir, kendaraan umum atau sewa juga akan ikut memetik hasil,” jelas Toto.

Untuk mendukung pelabuhan Benoa menjadi rumah bagi kapal pesiar, Pelindo III juga sedang melakukan pengembangan lain, antara lain penataan kembali zona peruntukan kapal wisata, BBM dan gas, perikanan, serta mempercantik kawasan pelabuhan. Terutama, terminal internasional, dengan sentuhan artistik khas Bali. [HES] 

Baca juga : Jokowi Usulkan Bakso Jadi Makanan Kuliner Khas Nusantara

Jumlah penumpang kapal pesiar di Benoa pada 2018 tercatat 54.802 orang wisatawan mancanegara, naik 5 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 52.125 orang. Jumlah kapal pesiar yang berkunjung tahun lalu 67 unit. Tahun ini, terdapat 75 rencana kunjungan cruise ke Benoa.

Benoa menyumbang sekitar 45 persen terhadap total jumlah wisatawan mancanegara penumpang kapal pesiar yang singgah di pelabuhan yang dikelola Pelindo III yang pada 2018 sebanyak 125.218 orang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.