Dark/Light Mode

Kado Manis Jelang Hari Listrik Nasional, SUTT Sepanjang 287 KMS Di Kalbar Rampung

Selasa, 20 Oktober 2020 19:51 WIB
Kado Manis Jelang Hari Listrik Nasional, SUTT Sepanjang 287 KMS Di Kalbar Rampung

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditengah wabah pandemi Covid-19, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) tetap berkomitmen untuk memberikan upaya terbaik demi terciptanya Kalbar benderang. 

Sepanjang tahun ini hingga Oktober 2020, PLN UIP Kalbagbar telah merampungkan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang berada di dua jalur berbeda. 

Satu jalur berada di sisi utara Kalimantan Barat, SUTT 150 kV Tayan-Sanggau yang terbentang sepanjang 156 kilometer sirkit (kms), memiliki 235 Tapak Tower serta melewati 19 desa dan 5 kecamatan, serta 2 Gardu Induk (GI) dengan kapasitas masing - masing 30 MVA yang resmi beroperasi sejak 16 Juli 2020. 

Baca juga : Catat, 5 Lokasi Perpanjang SIM Di Jakarta Hari Ini

Untuk sisi selatan Kalbar, PLN UIP Kalbagbar merampungkan SUTT 150 kV pada jalur Ketapang-Kendawangan dengan panjang 131 kms.

Melewati 14 desa, 3 kecamatan dan 1 kabupaten, jaringan transmisi dan satu Gardu Induk dengan kapasitas 30 MVA telah sukses dialiri daya listrik pada tanggal 28 September 2020. 

General Manager PLN UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis, menyebutkan bahwa setelah selesainya 2 jalur SUTT ini, pihaknya akan segera menyelesaikan proses sertipikasi tanah untuk tapak tower di dua jalur tersebut dan proyek yang lain guna mengamankan aset-aset PLN yang telah dibangun.

Baca juga : Catat, 5 Lokasi Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta Hari Ini

Dalam pelaksanaanya, PLN bekerjasama dengan BPN dan diawasi oleh KPK. 

"Selain sertipikasi, saat ini kami sedang melaksanakan pengadaan tanah untuk jalur SUTT Tayan-Sandai, dan inventarisasi tanah tapak tower untuk jalur SUTT Kendawangan-Sukamara dengan total panjang 632 kms."

Nantinya kata Rachmad, 2 jalur tersebut akan menghubungkan Sistem Kelistrikan Ketapang dengan Sistem Khatulistiwa dan Sistem Kelistrikan Barito di Kalimantan Tengah.

Baca juga : Hidayat: Jangan Ragukan Nasionalisme Orang Sumbar

Lebih lanjut dikatakan, pada tahun 2021, pihaknya menargetkan pembangunan SUTT Sanggau-Sekadau, Sekadau-Sintang, Sandai-Sukadana dengan total panjang jaringan 329 kms, serta Gardu Induk Cendana dapat selesai dan beroperasi.

Ia mengakui, tugas tersebut tidak mudah terlebih saat pandemi seperti ini, namun pihaknya selalu optimistis dalam menghadapi segala tantangan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembangunan hingga saat ini. Kami tetap mengharap do'a dan dukungan dari semua elemen masyarakat, karena tugas kami untuk membangun kelistrikan di Kalbar masih cukup panjang untuk mewujudkan interkoneksi sistem Kalimantan Raya," pungkasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.