Dark/Light Mode

Momen Libur Panjang

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Di Sepanjang Jalur Tol

Sabtu, 15 Agustus 2020 15:57 WIB
Ilustrasi SPBU di Tol
Ilustrasi SPBU di Tol

RM.id  Rakyat Merdeka - Marketing Operation Region (MOR) III PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan pasokan BBM di SPBU rest area sepanjang jalur tol.

Sejumlah fasilitas tambahan juga disiapkan agar pengendara nyaman memanfaatkan momentum libur panjang.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan volume lalu lintas keluar Jakarta telah melonjak sejak 14 hingga 15 Agustus 2020. Mayoritas pengguna kendaraan mobil pribadi.

Peningkatan jumlah kendaraan pribadi seiring dengan ditetapkannya Surat Edaran Nomor 17/AJ.201/DRJD/2020 dari Kementerian Perhubungan tentang pembatasan operasional angkutan barang pada masa arus mudik dan arus balik HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Baca juga : Komisaris Taspen Raih Bintang Tanda Jasa dan Kehormatan dari Presiden Jokowi

“Kami memastikan kesiapan layanan kebutuhan BBM pada momen libur panjang yang akan dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan mudik,” ujar Eko melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, (15/8/2020).

Sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek, kata dia, Pertamina telah menyediakan SPBU di sejumlah rest area seperti KM 19, KM 39 dan KM 57.

Sedangkan di ruas Tol Cikampek-Cirebon, terdapat SPBU siaga di rest area KM 102, KM 166, KM 207 serta KM 228.

Selain memastikan kesiapan stok di SPBU, Eko menjelaskan pihaknya juga menyiagakan fasilitas tambahan di sepanjang ruas tol yaitu mobile storage di KM 57A, KM 62B, dan KM 101B.

Baca juga : Dompet Dhuafa Gelar Panen Perdana Program Ketahanan Pangan

Serta armada motor Pertamina Delivery Service yang siaga di KM 75A dan KM 62B.

“Mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga di SPBU. Tujuannya untuk mempercepat proses pengisian ke SPBU sehingga stok BBM untuk konsumen terjaga. Apabila sangat diperlukan, motorist Pertamina Delivery Service juga sudah kami siagakan. Kami turut bekerjasama dengan aparat keamanan untuk mengawal motorist yang membawa BBM menghampiri mobil konsumen yang butuh bahan bakar dengan aman,” paparnya.

Seluruh kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol pencegahan covid-19 di SPBU melalui penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana sanitasi, dan mewajibkan operator SPBU maupun operator motorist Pertamina Delivery Service untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Konsumen yang akan keluar dari kendaraan untuk mengisi BBM di SPBU, diwajibkan menjaga jarak aman minimal satu meter dari operator.

Baca juga : Sambut Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan Jarak Jauh

“Kami turut menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan mematuhi protokol covid-19. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan melakukan pembayaran nontunai di SPBU,” tutup Eko. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.