Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Resmikan Pasar Rakyat Hasil Revitalisasi Kemendag

Selasa, 12 Maret 2019 22:55 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita seusai Rapat Kerja (Raker) Kemendag di ICE BSD, Tangerang, Selasa (12/3) . (Foto: Kemendag).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita seusai Rapat Kerja (Raker) Kemendag di ICE BSD, Tangerang, Selasa (12/3) . (Foto: Kemendag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen mencapai hasil terbaik dalam pengimplementasian seluruh mandat Presiden RI Joko Widodo.

Pada implementasi mandat membangun dan merevitalisasi 5.000 Pasar Rakyat dalam periode 2015 - 2019, Kemendag kembali membuktikan komitmennya dengan peresmian secara simbolis diwakili Pasar Rakyat Serikat C Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar; Pasar Rakyat Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur; dan Pasar Rakyat Sagalaherang, Kabupaten Subang; oleh Presiden RI Joko WIdodo.

Peresmian pasar yang juga diikuti dengan pemberian penghargaan pasar rakyat tersebut berlangsung dalam rangkaian acara pembukaan Raker Kemendag di ICE BSD Tangerang, Banten, Selasa (12/3).

Baca juga : Hebatnya, Ratna Bisa Memperdaya Prabowo

“Peresmian pasar dan pemberian penghargaan pasar rakyat bertujuan meningkatkan motivasi instansi pembina, pengelola, dan pedagang untuk saling bersinergi mewujudkan eksistensi pasar yang aman, bersih, nyaman, dan berkeadilan. Selain itu juga bersinergi dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian,” ujar Mendag.

Mendag menjelaskan, penghargaan pasar rakyat dianugerahkan kepada 14 pasar dengan kategori Pasar Revitalisasi Terbaik yang diberikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Lampung Timur untuk Pasar Rakyat Pekalongan, Kabupaten Subang untuk Pasar Rakyat Sagalaherang, dan Kabupaten Sragen untuk Pasar Rakyat Blimbing.

Untuk kategori Pasar Ramah Lingkungan, penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah Kota Tangerang Selatan untuk Pasar Rakyat Bintaro Sektor 2, Kabupaten Tanah Datar untuk Pasar Rakyat Serikat C Batusangkar, dan Kabupaten Pasuruan untuk Pasar Rakyat Gempol.

Baca juga : Pedagang Pasar Ngarep Realisasi Sistem Online Pertanian

Sedangkan untuk kategori Pasar Ramah Difabel, penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah Kota Surakarta untuk Pasar Rakyat Tanggul, Kota Magelang untuk Pasar Rakyat Rejowinangun, dan Kabupaten Kudus untuk Pasar Rakyat Kliwon.

Ada pula penghargaan yang diberikan kepada 5 Pengelola Pasar Terbaik, yaitu Pasar Rakyat Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas; Pasar Rakyat Agung, Kota Denpasar; Pasar Rakyat Gunung Sari, Kota Cirebon; Pasar Pinangsungkulan, Kota Manado; dan Pasar Rakyat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

“Apresiasi kepada pengelola pasar pantas diberikan atas upaya mereka mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik, serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau,” lanjut Mendag.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.