Dark/Light Mode

Penerimaan Negara Capai Target

Jokowi: Jangan Sampai Terlena

Selasa, 8 Januari 2019 13:55 WIB
Presiden Jokowi (kanan) saat membuka Sidang Kabinet Paripurna Perdana 2019 dengan para menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka) 
Presiden Jokowi (kanan) saat membuka Sidang Kabinet Paripurna Perdana 2019 dengan para menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja para menterinya di sektor ekonomi. Menurutnya, di tengah kondisi ketidakpastian global, perekonomian masih tumbuh positif.  “Saya mendapat laporan dari Menteri Keuangan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, Alhamdulillah perekonomian nasional kita tumbuh positif,” ungkap Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna perdana 2019 di Istana Negara, Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Jokowi Minta Penanganan Bencana Diperkuat

Sidang Kabinet ini berlangsung selama dua jam. Hadir dalam sidang ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla, seluruh para menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.  Jokowi merincikan, perekonomian nasional pada 2018 tumbuh positif 5,15 persen, inflasi terkendali di bawah 3,5 persen, dan realisasi APBN 2018 sehat dan kredibel. 

Baca juga : Bima Arya Cium Tangan Kiai Ma’ruf

Defisit anggaran, lanjut Jokowi, berdasarkan laporan terakhir yang diterimanya hanya sebesar 1,76 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kemudian, keseimbangan primer negatif Rp 1,8 triliun dan sudah mendekati nol. Keseimbangan primer merupakan selisih antara pendapatan negara dikurangi belanja, yang tidak termasuk pembayaran utang. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.