Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moncer Di Tengah Pandemi, Penjualan Domestik Retail Unilever Tumbuh 1,7 Persen

Jumat, 23 Oktober 2020 13:37 WIB
Gedung Unilever (Foto: unilever.co.id)
Gedung Unilever (Foto: unilever.co.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Unilever Indonesia, Tbk. mengumumkan laporan kinerja keuangan untuk tahun berjalan September 2020. Sepanjang periode itu, perseroan berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp 32,4 triliun, tumbuh 0,3 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan ini didorong pertumbuhan penjualan domestik sebesar 0,8 persen.

Di tengah pandemi berkepanjangan, market yang terkontraksi, dan tantangan yang semakin berat, Unilever tetap menunjukkan kemampuannya untuk terus berkembang. Perseroan mencatat peningkatan positif pada penjualan ritel domestik (tanpa Unilever Food Solutions/UFS) sebesar 1,7 persen pada tahun berjalan September 2020. Pertumbuhan ini didorong peningkatan penjualan produk kesehatan dan kebersihan, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan selama pandemi. 

Baca juga : Mau Aman Plesiran Di Tengah Pandemi Covid? Ini Tipsnya..

Sementara, Unilever Food Solutions (UFS), yang merupakan unit Business to Business (B2B) perusahaan yang melayani hotel dan restoran, masih mengalami penurunan. Namun, saat ini sudah ada tanda-tanda perbaikan seiring adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bertahap di berbagai daerah di Indonesia.

Di tahun berjalan September 2020, Unilever juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 5,4 triliun. Hasil ini dicapai dengan adanya langkah-langkah optimalisasi dalam beberapa aspek, di antaranya dengan mendengarkan dan menjawab kebutuhan konsumen melalui inovasi yang dieksekusi secara gesit untuk mendorong penjualan dan juga pengetatan biaya operasional. 

Baca juga : Honda Targetkan Bisa Pertahankan Market Share 14,4 Persen

“Di tengah pandemi yang berkepanjangan, kami tetap konsisten berfokus pada tiga hal yaitu memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan, menjawab kebutuhan konsumen dan pelanggan, serta terus berkontribusi pada masyarakat Indonesia. Meskipun sulit untuk memprediksi berapa lama pandemi ini akan berlangsung, prioritas kami tetap sama dan konsisten, yaitu membangun bisnis yang mampu bersaing di masa sulit seperti ini,” ucap Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Hemant Bakshi, Jumat (23/10).

Hemant menyebutkan, pada kuartal III-2020, Unilever meluncurkan berbagai inovasi yang relevan untuk menjawab kebutuhan konsumen di tengah pandemi ini. Di antaranya Rinso Laundry Disinfektan, Vixal Bleach Disinfektan, dan Molto Fabric Spray. Di kategori Ice Cream, perseroan melakukan inovasi untuk konsumsi di rumah seperti Walls Unicornetto Mini Pack. Tidak ketinggalan, perseroan juga mempersiapkan pilihan produk yang menyesuaikan dengan daya beli dalam masa pandemi ini, seperti misalnya varian Lifebuoy Sabun Mandi Cair kemasan Rp 5.000 (harga jual yang disarankan).

Baca juga : Intergrasi Teknologi di Masa Pandemi, Tingkatkan Produktivitas

“Komitmen dan optimisme perseroan tetap kuat dalam pandemi yang berkepanjangan ini. Kami yakin bahwa dengan memperkuat daya saing di lintas kategori dan channel, kami berada di jalur yang tepat untuk tetap menjadi yang terdepan di saat ini dan masa mendatang,” tutup Hemant. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.