Dark/Light Mode

Mau Aman Plesiran Di Tengah Pandemi Covid? Ini Tipsnya..

Kamis, 22 Oktober 2020 17:00 WIB
Mau Aman Plesiran Di Tengah Pandemi Covid? Ini Tipsnya..

RM.id  Rakyat Merdeka - Libur panjang akhir bulan ini, semakin dekat. Sebagian orang menyambutnya dengan bepergian atau plesiran ke tempat wisata.

Namun, berhubung saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, kita dituntut lebih ekstra hati-hati. Jangan sampai, keinginan bersuka cita liburan, malah dibayar dengan tertular Covid-19.  Aduh, jangan sampai deh!

Terkait hal ini, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc memberikan tips liburan aman dari penularan Covid-19. Inilah tipsnya:

1. Hindari percikan air liur saat berbicara.

Baca juga : Menag Yakin Pesantren Bisa Lewati Pandemi Covid-19 Dengan Baik

Penyebaran virus corona terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara. Itu sebabnya, masyarakat diminta patuh pakai masker dan jaga jarak, serta menghindari kerumunan agar tidak terpapar Covid-19.

Masker berbahan kain hanya memiliki kemampuan melindungi sampai 70 persen. Sedangkan masker bedah, 80-90 persen. Yang paling aman adalah masker N95.

2. Hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak.

Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat, untuk menghindari potensi penyebaran virus Corona.

Baca juga : Tersangka Kelima Ditahan Usai Jalani Pemeriksaan

3. Ketahui status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju.

Status zonasi hijau, kuning, oranye, atau merah bisa diketahui dengan mengunjungi laman resmi Covid-19. Atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat. Disarankan, pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman.

4. Pastikan lokasi hiburan di tempat terbuka.

Tempat terbuka menjamin sirkulasi udara yang jauh lebih baik, ketimbang tempat dalam ruangan atau indoor. Misalnya saja, pantai atau wisata pegunungan. Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara.

Baca juga : Menkop: Jadi Wirausahawan Di Masa Pandemi Pilihan Tepat

5. Pastikan kondisi tubuh fit atau sehat, sebelum memutuskan berangkat liburan.

Jika kondisi fisik bermasalah, sebaiknya tunda perjalana. Lebih baik mencari hiburan di dekat rumah, dengan jarak terjangkau.

"Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker, yang melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak, agar saat berbicara tak banyak droplet keluar. Tetap saling menjaga jarak, sehingga tidak terkena. Tak kalah penting, mencuci tangan pakai sabun," papar Tri Yunis. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.