Dark/Light Mode

Bandara Dan Tempat Wisata Siap Sambut Wisatawan

PT AP II Siapkan Biosafety, Asita Jualan Paket Wisata

Selasa, 27 Oktober 2020 07:56 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin (kiri) dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) N Rusmiati. (Foto: Istimewa)
Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin (kiri) dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) N Rusmiati. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah dan pengusaha travel siap menghadapi lonjakan wisatawan yang bakal berlibur saat cuti bersama. Protokol kesehatan pun diperketat di bandara dan tempat wisata.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin siap melayani masyarakat yang akan mengisi liburan melalui jalur udara. AP II mengimplementasikan konsep manajemen biosecurity dan biosafety dalam menjamin kesehatan bagi penumpang dan pekerja di 19 bandara. “Hal ini untuk menciptakan atmosfer yang dapat menjaga kepercayaan serta keyakinan publik terhadap sektor pener bangan,” kata Awaluddin saat menjadi narasumber Focus Group Discussion bersama Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata indonesia (Asita) N Rusmiati bertema Protokol Kesehatan Di Bandara Dan tempat Wisata, yang diselenggarakan Rakyat Merdeka secara virtual, kemarin.

Baca juga : Menteri Teten Minta UMKM Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Menurut Awaluddin, biosecurity management untuk melindungi publik dari bahaya Covid-19 dilakukan dengan program physical distancing. Misalnya, kewajiban menjaga jarak di setiap area bandara. Kemudian health screening yakni pemeriksaan suhu tubuh, pengecekan hasil rapid test/swab test.

Selanjutnya, passenger touchless processing yang lebih banyak fasilitas tanpa harus ber sentuhan. Utamanya di elevator, toilet, area parkir kendaraan dan area lainnya.

Baca juga : Kader Dan Simpatisan Minta Kasus Pembakaran Bendera PDI Perjuangan Diusut Tuntas

Facility cleanliness atau disinfeksi rutin seluruh fasilitas bagi penumpang hingga people protection atau kewajiban penggunaan alat pelindung diri. Misalnya, menggunakan masker bagi setiap orang di terminal, baik traveler sampai staf bandara.

Sementara, terkait biosafety management, AP II memiliki program antara lain biohazard precautions atau upaya pencegahan dan tindakan perlindungan kesehatan pengguna jasa bandara dari ancaman Covid-19.

Baca juga : WMIP Siap Sambut Investor Migas Benamkan Modal Di Batam

Kemudian, environment screening yakni menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Misalnya, penerapan sirkulasi udara yang baik, penggunaan UV Sterilizer serta ke depannya penggunaan plasma cluster dan HEPA filter di terminal.

Implementasi lainnya adalah infrastructure sterilization dengan disinfeksi di setiap bangunan di bandara dan public health assurance yang meliputi protokol penanganan di bandara bagi pihak yang terindikasi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.