Dark/Light Mode

Gelar PIA Ke-32, Bos Pupuk Kaltim Ajak Karyawan Terus Berinovasi

Kamis, 29 Oktober 2020 11:43 WIB
Acara Pupuk Kaltim Innovation Awards (PIA) ke-32. (Foto: ist)
Acara Pupuk Kaltim Innovation Awards (PIA) ke-32. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pupuk Kaltim menggelar Pupuk Kaltim Innovation Awards (PIA) ke-32. Acara ini untuk meningkatkan semangat inovasi para karyawan di seluruh unit kerja, baik di pusat produksi di Bontang, maupun di seluruh wilayah distribusi Perusahaan. 

PIA merupakan kegiatan internal Perusahaan, yang menampilkan berbagai inovasi dari berbagai unit kerja, yang diikuti tidak hanya oleh karyawan organik saja, tapi juga karyawan non organik, anak perusahaan dan yayasan. Dengan mengusung tema Innovation Without Limmits, PIA Ke-32 digelar secara virtual dan live di Hotel Grand Equator Bontang, Senin (26/10).

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi, mengatakan, tema ini sangat tepat mengingat tingginya persaingan yang mengharuskan setiap pelaku bisnis terus menciptakan peluang melalui berbagai inovasi. Hal itu untuk menjaga kelangsungan operasional Perusahaan dan menemukan keputusan-keputusan yang efektif dan efisien. 

“PIA menjadi bukti kepedulian Pupuk Kaltim terhadap budaya mutu dan inovasi di Perusahaan,” kata Rahmad dalam keterangannya, Kamis (29/10).

Baca juga : Ngeri, Polisi Temukan Ajakan Rusuh Di Demo Hari Ini

Rahmad mengapresiasi, pencapaian PIA tahun ini melihat peningkatan keikutsertaan gugus dan nilai penghematan yang berhasil dicapai. “Ini menjadi bukti bahwa inovasi sudah menjadi bagian dari kehidupan Pupuk Kaltim,” kata Rahmad.

Rahmad juga mengajak, para innovator-inovator Pupuk Kaltim untuk terus berinovasi dan menemukan jawaban-jawaban atas tantangan-tantangan di masa depan. Karena, tantangan-tantangan di industri pupuk berbagai macam dan kompleks, mulai dari semakin majunya industri pertanian, berubahnya global supply chain dan kebijakan Pemerintah terhadap pupuk.

Rahmad juga membakar semangat karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim, dengan mengajak untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada, membuktikan bahwa dimanapun Pupuk Kaltim berada, tetap menjadi yang paling hebat, luar biasa dan selalu menjadi juara. 

“Saya yakin masa depan Pupuk Kaltim semakin cerah dan semakin besar. Kita pasti bisa menghadapi apapun tantangan di depan. Kita pasti bisa menjadi nomor satu dan menjadi juara,” tegas Rahmad.

Baca juga : Awas, Petani Geruduk Senayan

Ketua Panitia PIA Ke-32 Tahun 2020, Dwi Agung Wibowo mengatakan, tema Innovation Without Limits dipilih mengingat saat ini inovasi memang telah menjadi budaya di Pupuk Kaltim dan terus digiatkan oleh karyawan. PIA digagas untuk mewadahi proses transfer knowledge karya mutu di lingkungan Perusahaan, sekaligus mempromosikan karya mutu terbaik. 

Inovasi bisa dihasilkan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja, tanpa terbatasi oleh jarak, ruang dan waktu,” terang Agung.

Agung mengatakan, pandemi Corona (Covid-19) tidak menyurutkan semangat pegiat inovasi Pupuk Kaltim untuk memberikan nilai tambah bagi Perusahaan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah gugus yang mengikuti PIA. 

Pada 2019 sebanyak 220 gugus terlibat dalam PIA dan pada tahun ini meningkat menjadi 314 gugus, dengan total peserta sebanyak 852 orang. 314 gugus ini terbagi dalam beberapa kategori, yaitu FAME sebanyak 79 gugus, SS 46 gugus, SSG 99 gugus, GKM 51 gugus dan PKM 39 gugus.

Baca juga : HUT TNI Ke-75, Jokowi: Terus Lakukan Transformasi

Begitu juga dengan nilai penghematan yang mengalami peningkatan tajam, senilai  Rp12,98 Miliar pada 2019 menjadi Rp 51,73 Miliar pada 2020. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang terlibat. Semoga semangat inovasi tidak berhenti sampai hari ini, namun terus tumbuh berkesinambungan di tahun-tahun mendatang,” terang Agung. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.