Dark/Light Mode

Angkasa Pura I Layani 103.506 Penumpang Di Hari Pertama Libur Panjang Maulid Nabi

Sabtu, 31 Oktober 2020 05:42 WIB
Ilustrasi calon penumpang pesawat memadati bandara Yogyakarta International Airport di tengah libur panjang/Maulid Nabi Muhammad SAW. (Istinewa)
Ilustrasi calon penumpang pesawat memadati bandara Yogyakarta International Airport di tengah libur panjang/Maulid Nabi Muhammad SAW. (Istinewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momen libur Maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) mendorong minat masyarakat untuk berpergian menggunakan transportasi udara.

Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) mengalami lonjakan cukup tinggi dibanding momen hari biasa sebelum libur.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan, mencatat trafik penumpang pada 15 bandara yang dikelola Angkasa Pura I mencapai 103.506 orang pada 28 Oktober.

Baca juga : Angkasa Pura I Pastikan Proyek Pengembangan Empat Bandara Masih Dilanjutkan

"Dalam satu hari tersebut trafik penumpang lebih tinggi 23 persen dibanding trafik penumpang pada hari sebelumnya," ujar Handy dalam keterangan persnya.

Dia menyebut trafik penumpang pada 27 Oktober hanya sebesar 83.977 orang dan pada 26 Oktober sebesar 70.874 orang. Trafik penumpang pada 28 Oktober 2020 yang sebesar 103.506 orang terdiri dari 55.711 trafik kedatangan dan 47.795 trafik keberangkatan.

Sementara untuk trafik pesawat pada 28 Oktober, Angkasa Pura I melayani sebanyak 1.155 penerbangan pesawat di 15 bandara atau meningkat 13,7 persen dibandingkan pada hari sebelumnya yang melayani 1.015 penerbangan.

Baca juga : Jumlah Penumpang Bandara AP I Melonjak 29 Persen Jelang Libur Panjang

Dia mengatakan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menjadi bandara yang paling sibuk melayani penumpang pada hari pertama libur panjang.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani total 24.315 orang dengan trafik penerbangan mencapai 241 pergerakan pesawat.

Bandara Juanda Surabaya menjadi yang tersibuk kedua dengan melayani total 21.246 penumpang serta trafik penerbangan mencapai 186 pergerakan pesawat.

Baca juga : Prediksi Jasa Marga, Puncak Lalu Lintas Libur Panjang Terjadi Rabu, 28 Oktober

Sedangkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 14.441 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 160 pergerakan pesawat.

Meski menghadapi kepadatan Angkasa Pura I senantiasa mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara konsisten.

"Kami juga imbau para bpengguna jasa bandara lainnya untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan kerap mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer," tukasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.