Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Integrasi Sistem Memperkuat Integrasi Nasional

Rabu, 28 Oktober 2020 09:48 WIB
Terminal Teluk Lamong adalah salah satu anak usaha Pelindo 3 
yang beroperasi secara otomatis, dan merupakan 
terminal yang paling modern di Indonesia (Foto: Humas Pelindo 3)
Terminal Teluk Lamong adalah salah satu anak usaha Pelindo 3 yang beroperasi secara otomatis, dan merupakan terminal yang paling modern di Indonesia (Foto: Humas Pelindo 3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelindo 3 percaya bahwa tantangan zaman bakal semakin berat. Disrupsi ekonomi dan pandemi yang datang bersamaan membuat perusahaan yang berkantor pusat di Surabaya itu harus terus beradaptasi.

Dan adaptasi tersebut tak bisa melupakan kompetensi inti mereka sebagai operator kepelabuhanan.

Direktur Utama Pelindo 3 U Saefudin Noer mengatakan, mereka menjadikan nilai-nilai AKHLAK yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif, Kolaboratif, sebagai core values BUMN yang digariskan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga : Ini Hasil Rakor Kepemudaan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Dalam nilai-nilai tersebut sudah lengkap di aspek mana perusahaan harus berbenah. “Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, bagi Pelindo 3 tak hanya sebagai standar nilai perilaku. Tapi juga aspek pengembangan kinerja perusahaan. Kami harus amanah karena ini terkait integritas dan kami harus kompeten karena ini bagian dari core business kami,” katanya.

Salah satu bentuk adaptasi tersebut, kata dia, adalah dengan integrasi sistem pengelolaan pelabuhan. Beberapa di antaranya yang sudah berjalan adalah pembentukan unit baru Port Operation Command Center (POCC) di 4 regional.

Yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Banyuwangi, Bali, Nusa Tenggara. POCC tak hanya mengintegrasikan sistem operasional kepelabuhanan. Tapi juga sebagai bentuk adaptasi terhadap kebiasaan baru.

Baca juga : BRT Trans Jateng Beroperasi Di Kawasan Industri Kendal

“Agar kinerja perusahaan tetap bertahan di level tertinggi meski situasinya sedang sulit. Kami harus terus mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui penguatan konektivitas,” katanya.

Saefudin Noer mengatakan, konektivitas sangat penting sebagai bagian dari modernisasi pelabuhan. Keterhubungan pelabuhan yang kuat akan memangkas inefisiensi pelayanan.

“Dengan integrasi sistem, kita tak hanya mengintegrasikan pelayanan kepelabuhanan. Lebih dari itu, dengan kewenangan dan peran sentral Pelindo 3, kami mengintegrasikan Indonesia,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.