Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkasa Pura I Konsisten Tingkatkan Daya Saing Global

Rabu, 4 November 2020 06:40 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero), konsisten meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan daya saing.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, sebagai pengelola bandara, perusahaan berkomitmen pada pengembangan talenta, yang termaktub pada misi perusahaan.

"Hal ini sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengedukasi dan melatih tenaga kerja serta mengembangkan SDM berkualitas untuk Indonesia," kata Faik dalam keterangan pers, kemarin.

Pengembangan SDM merupakan bagian salah satu dari lima prioritas Kementerian BUMN. Untuk menciptakan talenta yang unggul dan kompeten, Angkasa Pura I secara konsisten mengembangkan kompetensi talentanya melalui berbagai program pengembangan talenta.

Baca juga : Cegah Fintech Ilegal, Satgas Waspada Investasi Tingkatkan Patroli Siber

Salah satunya adalah kerja sama pelatihan kebandarudaraan bareng pengelola bandara terbaik di dunia yaitu Incheon International Airport Corporation (IIAC) sejak 2018.

Program pelatihan kebandarudaraan ini meliputi pelatihan mengenai airport operations and management, airport commercial, airport customer satisfaction, airport human resource management, dan hal terkait operasional bandara lainnya.

"Kompetensi merupakan salah satu nilai perusahaan di mana karyawan didorong untuk menjaga antusiasmenya dalam belajar dan meningkatkan daya saing untuk kemajuan perusahaan," terang Faik.

Melalui antusiasme yang tetap terjaga, maka kinerja unggul dan pelayanan prima yang dilakukan pada akhirnya mendatangkan pengakuan terbaik.

Baca juga : Anis Matta Ingatkan Mimpi Besar Partai Untuk Indonesia

Bahkan perusahaan pernah mendapat pengakuan prestisius di bidang kebandarudaraan tingkat dunia.

Selain pelatihan kebandarudaraan dengan IIAC, perusahaan juga menyediakan Program Beasiswa Pascasarjana (S2) Manajemen Kebandarudaraan yang bekerja sama dengan Universitas Pancasila dan International Air Transport Association (IATA).

Adapun kuliah khusus terkait kebandarudaraan pada program S2 tersebut yaitu mata kuliah Airport Route Development, Airport Master Planning, Airport Development Design, Airport Law, Airport Management Simulation.

Selain program-program khusus tersebut, Angkasa Pura I juga mengimplementasikan berbagai program umum pengembangan atau pelatihan talenta perusahaan, seperti AP I Managerial Program, e-Learning Implementation, Training Certification Competency (TCC) personel bandara, CBT for Aviation Security Mandatory Course, knowledge management, dan lainnya.

Baca juga : Kawal Penyiapan SDM Unggul Dan Berdaya Saing

Komitmen terhadap pengembangan talenta perusahaan berdampak positif terhadap kinerja operasional dan pelayanan dimana bandara-bandara Angkasa Pura I secara konsisten meraih penghargaan prestisius dunia pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards.

Ajang tersebut adalah program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Pada 2020 ini, tiga bandara Angkasa Pura I meraih 9 penghargaan ASQ Awards yaitu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.