Dark/Light Mode

Gandeng Kemendes, Pupuk Kaltim Gagas Program Agro Solution Di Dompu

Sabtu, 7 November 2020 11:44 WIB
Pupuk Kaltim turut menyalurkan bantuan 1 ton NPK Pelangi bagi petani KPPN Agropolitan Dompu. (Foto: ist)
Pupuk Kaltim turut menyalurkan bantuan 1 ton NPK Pelangi bagi petani KPPN Agropolitan Dompu. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pupuk Kaltim dan induk usaha Pupuk Indonesia kembali menggelar program Agro Solution. Kali ini, program ketahanan pangan itu dilakukan di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kali ini komoditas yang ditanam Jagung.

Dalam pelaksanaannya, Pupuk Kaltim menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Pencanangan Agro Solution dilakukan dengan penanaman jagung di Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (6/11).

Penanaman dilakukan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bersama SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto, serta perwakilan Pemprov NTB, Pemkab Dompu dan stakeholders terkait.

Baca juga : Bos Pupuk Kaltim: Program Agro Solution Kerek Produktivitas Pertanian Jember

Kegiatan ini sekaligus menandai langkah nyata Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas pertanian jagung masyarakat Dompu. Program ini diikuti 163 petani dengan luasan lahan mencapai 222 hektare. 

SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi mengatakan, Agro Solution dikembangkan melalui pemanfaatan kawasan pertanian dengan konsep aliansi kemitraan berkelanjutan, bekerjasama dengan Pemerintah dan stakeholders multi pihak. Program ini melibatkan perbankan, asuransi pertanian, hingga offtaker, guna mendukung produktivitas hasil pertanian secara signifikan.

Program ini melakukan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian secara berkelanjutan dan melibatkan rantai pasok yang didukung teknologi berbasis pada triple bottom line 3P: people, planet dan profit. “Agro Solution dapat menjadi solusi mewujudkan ketahanan pangan melalui program intensifikasi, ekstentifikasi dan mekanisasi pertanian, termasuk kesejahteraan petani dengan memberikan manfaat layanan yang lebih luas secara holistik,” ujar Meizar. 

Baca juga : Pupuk Indonesia Resmi Canangkan Agro Solution

Pelaksanaan Agro Solution di Dompu juga berdasarkan rekomendasi Kemendes PDTT, melihat kesuksesan program di beberapa wilayah distribusi Pupuk Kaltim yang berhasil meningkatkan kapasitas dan produktivitas pertanian setempat. Beberapa di antaranya adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan dan Gorontalo, dengan komoditi padi, jagung dan singkong. 

“Pupuk Kaltim optimis Agro Solution mampu meningkatkan keunggulan hasil pertanian secara kompetitif, sekaligus menciptakan komunitas masyarakat yang produktif di sepanjang rantai pasok pertanian untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar,” tutur Meizar. 

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto mengatakan, Agro Solution sebagai salah satu wujud tanggungjawab Pupuk Indonesia, yang tak hanya bertugas memenuhi kebutuhan pupuk, tapi juga turut mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas pertanian di Indonesia. Hal ini juga menjadi bentuk nilai tambah yang diberikan Pupuk Indonesia bersama seluruh anak usaha, agar peningkatan produktivitas pertanian nasional dalam mendukung ketahanan pangan mampu tercapai secara optimal. 

Baca juga : PUPR Benahi Pendataan Program Sejuta Rumah

“Pupuk Indonesia menggandeng banyak pihak agar program berjalan maksimal, dengan memfasilitasi berbagai kemudahan bagi petani, agar pertanian nasional dan kesejahteraan petani mampu tumbuh signifikan,” kata Nugroho.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.