Dark/Light Mode

Inovasi Di Masa Pandemi, Hal Yang Perlu Dilakukan Wirausahawan

Sabtu, 7 November 2020 16:22 WIB
Dosen Fasilitator Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr Avanti Fontana. (Foto: Istimewa)
Dosen Fasilitator Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr Avanti Fontana. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dr. Avianti Fontana menambahkan adanya layanan tes Covid-19, memfalisitasi tes Covid-19 secara drive thru. Pemerintah pun ikut berperan dalam menciptakan kondisi ekosistem yang kondusif agar inovasi tersebut berjalan dengan baik.

Baca juga : Jika Biden Menang, Apa Yang Akan Dilakukan Trump?

“Untuk itu saya ada data dari Index Inovasi Global yang diterbitkan oleh INSEAD bekerja sama dengan WIPO. Pada tahun 2017-2020, tingkat inovasi Indonesia cukup stabil di angka 30/100. Di tahun 2020, skor Indonesia 26/100. Di sini menunjukkan bahwa betapa besarnya peluang inovasi bisa tumbuh di Indonesia. Itu butuh regulasi yang kondusif", tambah Dr. Avianti Fontana.

Baca juga : Selama Pandemi, Permintaan Sunat di Rumah Meningkat

Sebelumnya, dari gerakan masyarakat, sudah muncul inovasi-inovasi yang menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut.

Baca juga : Pemerintah Tak Larang Produk Asal Prancis

Pemberdayaan inovasi dari masyarakat merupakan strategi bottom-up, yang menjadikan publik atau kelompok masyarakat sebagai aktor utama penanganan Covid-19. "Namun, tentunya pemerintah juga memiliki strategi top down, yang didasari pada kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19," tutupnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.