Dark/Light Mode

Baznas Sabet Sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan

Rabu, 18 November 2020 10:00 WIB
Ketua Baznas, Prof Bambang Sudibyo memperlihatkan sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016. (Foto: ist)
Ketua Baznas, Prof Bambang Sudibyo memperlihatkan sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Arifin menambahkan Baznas rencananya akan melanjutkan sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 ini di Direktorat Pendistribusian dan Pendayagunaan, Direktorat Pengumpulan ZIS dan DSKL, Sekretariat Baznas, DKAI dan seluruh Lembaga Program. 

Direktur Operasi Baznas, Wahyu TT Kuncahyo menjelaskan Baznas memulai penyusunan strategi, dokumen, menggelar workshop dan melakukan rapat tinjauan manajemen untuk ISO anti suap ini sejak Agustus 2019 lalu.

Baca juga : Lolos Audit Sertifikat Anti Suap, PT PP Raih SNI Dan ISO

Audit eksternal Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 dilakukan oleh Badan Sertifikasi PT Mutu Agung Lestari melalui MUTU Internasional sekitar awal September pada tanggal 7 hingga 9 September 2020. Setelah proses audit, ada proses tindaklanjut dari audit eksternal dan telah dipenuhi oleh Baznas di awal November 2020.

“Dan,  tanggal 9 November keluar sertifikat Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 untuk ruang lingkup Direktorat Operasi,” terangnya.

Baca juga : Beautiess Skincare Salurkan Bantuan ke Pondok Pesantren

Dalam implementasi di lingkungan Baznas, sistem manajemen ISO 37001:2016 diterapkan sesuai dengan kebijakan yang ditanda tangani oleh Direktur Operasi dalam Surat Keputusan Direktur Operasi, tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Direktorat Operasi Badan Amil Zakat Nasional.

Saat ini Baznas juga tengah mengembangkan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu (SMM). Baznas juga dalam proses mengimplementasikan ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang saat ini juga masih dikembangkan di direktorat operasi. 

Baca juga : SKK Migas Konsisten Jaga Manajemen Anti Penyuapan

Sistem tersebut untuk memastikan Baznas memiliki kontrol terkait keamanan informasi terhadap proses pengelolaan zakat yang mungkin menimbulkan risiko atau gangguan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.