Dark/Light Mode

Dorong UMKM, Ini Kisah Mitra Binaan Difabel Pertamina Berdayakan Sesama

Rabu, 18 November 2020 19:19 WIB
Lembaga Pendidikan Keterampilan Khusus milik Nurjannah, UMKM Binaan Pertamina. (Foto: Dok. Pertamina)
Lembaga Pendidikan Keterampilan Khusus milik Nurjannah, UMKM Binaan Pertamina. (Foto: Dok. Pertamina)

 Sebelumnya 
Kopi jahe dan air guraka instan adalah produksi Jannah. Di mana produk tersebut dapat meningkatkan daya imun tubuh dan dicari banyak orang. Seluruh katalog produknya bisa dilihat melalui akun media sosial miliknya @nurjannah9984.

Selain itu, usaha garmen yang didijalani Nurjannah juga tidak mati. Dengan kreativitas yang dimiliki, Jannah berinovasi untuk memproduksi APD berupa masker kain.

Benar saja, permintaan pun cukup tinggi hingga harus menambah pekerja. “Kami jadi bisa melibatkan banyak pekerja difabel untuk ikut membantu, ini berkah untuk mereka,” ungkapnya

Baca juga : Dukung Udara Bersih Dan Sehat, Pertamina Gelar Program Langit Biru

Dengan usaha yang dijalani saat ini, Nurjannah mampu menghasilkan omzet hingga Rp 100 juta per bulan. Di bawah binaan Pertamina, Jannah berharap usahanya mampu berkembang lebih pesat lagi.

Bidang usaha Nurjannah dapat memberdayakan orang-orang yang membutuhkan untuk dapat berkarya. “Kami ingin mengembangkan usaha ini sehingga lebih banyak lapangan pekerjaan untuk para difabel, anak putus sekolah, dan orang yang membutuhkan,” terang perempuan 39 tahun ini.

Kisah Nurjannah secara lebih lengkap sudah disampaikan pada acara Pertamina UMKM On Air yang disiarkan melalui jaringan Radio Elshinta 90 FM tepat pada hari Pahlawan 10 November 2020 pukul 08.00 WIB. 

Baca juga : Mentan Dorong Mekanisasi Mesin Pertanian

Pjs. Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengapresiasi bisnis yang dijalani Nurjannah. Menurutnya, prinsip usaha yang dijalani Nurjannah cukup mulia.

“Layak menjadi panutan untuk menghargai setiap orang apapun kondisinya. Layak pula dibilang pahlawan ekonomi karena kontribusinya dalam menyediakan lapangan pekerjaan yang berbasis sociopreneur,” tutur Heppy.

Heppy mengatakan Pertamina juga akan membantu UMKM untuk naik kelas menjadi UMKM unggul dan mandiri. Sehingga tetap dapat menyediakan lapangan pekerjaan dan membantu kemandirian ekonomi.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, Pertamina Kasih Harga Spesial BBM Di Sulawesi

”Ini sebagai implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Heppy. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.