Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pentingnya Mengelola Perikanan Berkelanjutan di Indonesia

Rabu, 28 Oktober 2020 11:53 WIB
Pentingnya Mengelola Perikanan Berkelanjutan di Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia merupakan negara bahari dengan wilayah perairan lebih luas dibanding daratan sehingga potensi ini memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian nasional. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama ini merangkul berbagai pihak untuk bekerjasama dalam mengelola lautan dan wilayah pesisir yang berkelanjutan. Salah satunya dengan United States Agency for International Development (USAID) Indonesia.

“Saya yakin kita semua dapat belajar banyak dari semua hal yang diciptakan dan dikerjakan di lima tahun terakhir ini. Ada di tangan dan pundak kita semua, tanggung jawab untuk mengembalikan bumi dan lautan serta segala sumber daya yang ada di dalamnya ke anak cucu kita di masa depan dalam kondisi yang baik dan tetap melimpah,” ujar Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP, Prof. Sjarief Widjaja saat membuka acara Serial Simposium Virtual Pembelajaran Proyek USAID SEA,  (26/10) lalu.

Baca juga : Gandeng YAAI, Kipina Bangun TK di Indonesia

Sjarief menjelaskan, sebagai negara penghasil perikanan tangkap terbesar kedua di dunia, Indonesia berpotensi menjadi produsen perikanan laut kelas dunia dan berkelanjutan. Sumber daya laut yang dimiliki, selama ini memberikan sumber pendapatan bagi nelayan, menjaga kestabilan pangan nasional dan sumber protein bagi sekitar 267 juta penduduk Indonesia.

“Berbagai capaian kinerja telah kita raih di tataran kebijakan perikanan dan kelautan dan itu menjadi prestasi buat kita semua. Namun jangan mudah berpuas diri, masih banyak yang harus kita benahi guna mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," terang Sjarief.

Baca juga : Tur Pedekate Ke Asia, Berakhir Di Indonesia

Sementara itu, Wakil Direktur Lingkungan Hidup USAID Indonesia Jason Seuc mengatakan, pihaknya menggunakan ecosystem approach untuk pengelolaan perikanan yang berkelanjutan di Indonesia. Pendekatan ini untuk melindungi ekosistem laut Indonesia sehingga dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

“Selama 20 tahun terakhir Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID, telah menjalin kerja sama yang sangat baik dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bersama-sama, kami telah meningkatkan pemanfaatan dan konservasi sumber daya laut Indonesia secara berkelanjutan,” akunya.

Baca juga : Pegadaian Gandeng Shopee Perluas Akses Tabungan Dan Investasi

Serial Simposium Virtual Pembelajaran Proyek USAID SEA membahas sejumlah tema penting yang merupakan pilar-pilar utama kegiatan proyek USAID SEA. Meliputi perikanan berkelanjutan; kawasan konservasi perairan dan jejaringnya; penegakan hukum pelanggaran perikanan di kawasan pesisir; dan tata kelola perikanan berkelanjutan dan konservasi perairan. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.