Dark/Light Mode

Bantu Korban Banjir Sentani, Freeport Kirim Tim

Senin, 18 Maret 2019 09:46 WIB
Tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) PT Freeport Indonesia. (Foto: Ist)
Tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) PT Freeport Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, PT Freeport Indonesia (PTFI) mengirimkan tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) untuk membantu korban banjir bandang di Sentani, Papua. Tim ini akan berada di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI Zulkifli Lambali mengatakan, sebanyak 5 orang akan berangkat dari Timika ke Jayapura dan dua orang tim medis akan di berangkatkan dari Jakarta. “Keberangkatan tim EPR PTFI ke Sentani untuk bergabung dengan tim lain di bawah koordinasi BNPB di Sentani,” ujarnya.

Baca juga : Kemensos Kirim Tagana Ke Jawa Timur

Juru bicara PTFI Riza Pratama mengatakan, tim EPR yang dikirim memiliki spesialisasi dalam hal rescue dan paramedik. Dan, sebagian dari mereka pernah bergabung dengan tim kemanusiaan dalam bencana di Yogyakarta, Lombok, Palu dan proses evakuasi pesawat di Oxibil beberapa waktu lalu.

Peralatan yang dibawa oleh tim berupa peralatan penyelamatan evakuasi di air serta beberapa peralatan penunjang lainnya. “Kami mendahulukan bantuan untuk proses evakuasi di lapangan pada saat ini, bantuan lain akan dikirimkan menyusul,” ujarnya.

Baca juga : Jayapura Banjir & Longsor, 1.300 KK Terdampak

Menurut Riza, tim EPR PTFI akan berada di lokasi bencana hingga batas waktu yang belum ditentukan, atau sesuai dengan kebutuhan yang dikoordinir oleh BNPB di Sentani. “Bantuan ini merupakan bagian dari kepedulian PTFI untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan di masyarakat, khususnya di Papua,” tambah Riza.

Untuk diketahui, hingga Minggu (17/3) sore, jumlah korban jiw banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, berdasarkan data Media Center RS Bhayangkara Polda Papua sudah lebih dari 61 orang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.