Dark/Light Mode

Dorong Pemulihan Ekonomi

Akulaku Finance Disuntik Pendanaan Dari Bank Jago

Jumat, 27 November 2020 19:47 WIB
Akulaku Finance Indonesia dan PT Bank Jago Tbk sepakat untuk menjalin kerjasama pembiayaan melalui skema channeling. (Ist)
Akulaku Finance Indonesia dan PT Bank Jago Tbk sepakat untuk menjalin kerjasama pembiayaan melalui skema channeling. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemulihan ekonomi nasional dijalankan tidak hanya oleh pemerintah tapi juga perusahaan Financial Technology (Fintech), salah satunya Akulaku Finance Indonesia.

Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga mengatakan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, Akulaku Finance Indonesia dan PT Bank Jago Tbk sepakat untuk menjalin kerjasama pembiayaan melalui skema channeling.

Melalui kesepakatan ini, Bank Jago berkomitmen memberikan pendanaan sebesar Rp 100 Miliar kepada Akulaku Finance yang akan digunakan untuk meningkatkan penyaluran kredit pada para penggunanya.

Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga menjelaskan, kesepakatan ini bagian dari strategi perusahaan dalam menciptakan pertumbuhan bisnis yang positif di tengah pandemi.

Baca juga : Dekopin Pimpinan Nurdin Halid Pede Menang Gugatan Di PTUN Jakarta

"Sekaligus kami ingin membantu pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19," kata Efrinal dalam keterangan persnya, Jumat (27/11).

Dia menilai daya beli konsumen dan ekspansi sektor riil merupakan faktor penting pemulihan ekonomi. Kedua faktor tersebut akan memberikan dampak yang optimal jika bank dan multifinance tetap ekspansif menyalurkan kredit.

"Akulaku dan Bank Jago memiliki pemikiran yang sama mengenai hal ini," ujar dia.

Efrinal menambahkan, Pandemi Covid-19 telah mengubah mindset dan lifestyle masyarakat yang lebih mengutamakan distancing, contactless dan cashless.

Baca juga : Bantu Pulihkan Ekonomi untuk Pendidikan Agama, Kemenag Alokasikan Dana Rp 5,7 Triliun

Perubahan mindset ini mempengaruhi nasabah dalam mengakses layanan keuangan, termasuk pinjaman secara digital.

“Covid-19 memaksa konsumen menjadi sangat digital. Hal ini juga berdampak positif terhadap peningkatan permohonan kredit secara online,” katanya.

Lebih jauh Efrinal menilai, kerja sama dengan Bank Jago menunjukkan tingginya kepercayaan industri perbankan kepada Akulaku Finance Indonesia, selaku perusahaan pembiayaan berbasis digital.

Dia berterima kasih atas kepercayaan Bank Jago yang telah menyediakan fasilitas pembiayaan channeling dalam kondisi yang penuh tantangan ini.

Baca juga : Pemkab Purwakarta Dorong Pemerintahan Desa Gali Potensi Dan Berinovasi

"Tentunya kepercayaan ini akan terus kami jaga melalui kontrol kualitas pembiayaan yang mengimplementasikan prinsip risk based marketing dan praktik mitigasi risiko yang baik," katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus meningkatkan kualitas screening, scoring, dan asuransi atas objek pembiayaan, serta menaati kriteria yang diberikan oleh bank.

Sekedar informasi selama periode 2020 ini, perseroan telah menandatangani kerjasama pembiayaan dengan Bank OCBC NISP, Bank JTrust, BPR Supra Artapersada, dan kali ini dengan Bank Jago. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.