Dark/Light Mode

Upayakan Pemulihan Ekonomi

Pemkab Purwakarta Dorong Pemerintahan Desa Gali Potensi Dan Berinovasi

Kamis, 26 November 2020 13:42 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo (tengah), saat menunjukkan Produk BUMDes di wilayah Kecamatan Sukasari. (foto/ist)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo (tengah), saat menunjukkan Produk BUMDes di wilayah Kecamatan Sukasari. (foto/ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mendorong pemerintahan di desa-desa bisa berinovasi dan lebih peka untuk menggali potensi unggulan, misalnya di bidang agro bisnis.

Diharapkan, nantinya bisa berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo menuturkan, desa merupakan satuan wilayah terendah dalam struktur ketatanegaraan di Indonesia.

Setelah lahirnya UU Desa, wilayah pedesaaan diharapkan dapat menjadi wilayah mandiri secara sosial, budaya, ekonomi dan politik.

"Salah satu program pemerintah dalam mendukung pembangunan wilayah desa, yakni dengan memberikan stimulus berupa penyertaan modal pemerintahan desa melalui alokasi dana desa," ujar Jaya Pranolo, belum lama ini.

Baca juga : Erick: Pemerintah Tak Akan Paksa Warga Divaksin Covid

Menurut Jaya, adanya dana desa ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi desa. Karena, dengan anggaran tersebut pemerintahan desa bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayahnya.

Termasuk diarahkan untuk pembangunan, pemberdayaan masyarakat desa menuju desa mandiri yang lebih maju. Jaya menilai, sebenarnya hampir seluruh desa di wilayah kerjanya ini memiliki potensi agri bisnis yang bisa dikembangkan.

Nah, potensi-potensi ini harus dikelola dengan maksimal, baik oleh pemerintah desa maupun masyarakatnya. Menurut dia, jika hal tersebut dikelola secara maksimal, dipastikan akan berimplikasi terhadap perekonomian warga di desa itu sendiri.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya akan terus berupaya membantu mendorong supaya masyarakat bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di wilayah itu.

Baca juga : Pemerintah Ikuti Tren Layanan Global

"Melalui anggaran yang ada, kami yakin bisa mengembangkan kualitas dan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam hal ini, tugas kami hanya mendorong," katanya.

Dari 183 desa di Kabupaten Purwakarta yang memiliki Bumdes dengan berbagai jenis Usahanya, salah satu BUMDes yang dapat mengispirasi bagi desa-desa di Purwakarta adalah BUMDES Sukasari Mandiri di Desa Sukasari Kecamatan Sukasari-Purwakarta.

“Mereka menanam Sorgum dan mengolah panen Sorgum menjadi beberapa olahan seperti tepung, sorgum, bahan kue dan lain-lainnya,” katanya.

Sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan, masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum. Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk bumi.

Baca juga : Pemkab Purwakarta Perbanyak Tanam Pohon Lame

Bagi dunia kesehatan sorgum merupakan tanaman yang banyak memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya baik untuk kesehatan pencernaan, Jantung, mencegah kangker dll.

Usaha di Bidang Pertanian khususnya sorgum mempunyai prospek yang cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik, kontinue dan profesional.

“Langkah Inovatif BUMdes Sukasari bisa ditularkan untuk Desa-desa lainnya, bagaimana BUMdes mengelola Bantuan Pemerintah dengan melihat potensi dan pemberdayaan masyarakat lokal,” papar Jaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.