Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Keandalan Sistem Kelistrikan 20 kV, PLN Kalbar Ciptakan Aplikasi Peta Pohon

Jumat, 27 November 2020 19:58 WIB
PLN Kalbar menciptakan aplikasi peta pohon, melalui aplikasi ini petugas PLN dapat mengetahui secara riil kondisi pohon yang sudah mendekati jaringan listrik, agar dapat dipangkas atau ditebang. (Dok. PLN)
PLN Kalbar menciptakan aplikasi peta pohon, melalui aplikasi ini petugas PLN dapat mengetahui secara riil kondisi pohon yang sudah mendekati jaringan listrik, agar dapat dipangkas atau ditebang. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjaga keandalan pasokan listrik sehingga pelanggan dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman merupakan tujuan utama PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan terutama dalam mengantisipasi potensi terjadinya gangguan listrik.

Berdasarkan data penyebab gangguan listrik periode Januari hingga Oktober 2020, penyebab utama gangguan listrik yang terjadi di Kalimantan Barat adalah pohon dan tanam tumbuh milik warga, secara komulatif nilainya sebesar 91,74 persen.

Selanjutnya gangguan yang disebabkan oleh kawat layang-layang sekitar 5 persen. Gangguan listrik yang disebabkan oleh pohon terbanyak terjadi di Kota Pontianak dan Kabupaten Sanggau.

Hal ini juga dipicu oleh cuaca buruk yang disertai hujan dan angin kencang yang terjadi sepanjang tahun ini, sehingga banyak menyebabkan pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik.

Sementara gangguan yang disebabkan oleh faktor internal, seperti kerusakan instalasi pada jaringan listrik nilainya sangat kecil sekali yakni sekitar 4,31%.

Baca juga : Bamsoet Minta Pemerintah Korsel Berikan Perhatian Khusus Ke WNI Penderita Corona

Hal ini disebabkan karena upaya perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan boleh seluruh unit layanan PLN Kalbar secara berkala dan berkelanjutan.

"Dengan kondisi cuaca ekstrim, hujan yang disertai angin kencang yang sering terjadi sepanjang tahun ini, banyak menyebabkan pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik, hingga menyebabkan padam. Sementara gangguan listrik akibat layang-layang pastinya berkurang, karena saat hujan otomatis tidak ada yang bermain layang-layang," ungkap Ari Dartomo, General Manager PLN Kalbar.

Lebih lanjut dikatakannya, Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN Kalbar beserta seluruh unit layanannya berupaya untuk melakukan berbagai upaya terutama dalam melaksanakan perawatan, pemeliharaan serta perbaikan seluruh instalasi listrik khususnya di Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sistem 20 kV yang panjangnya sekitar 12.970, 21 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 14.655,33 kms, dan gardu distribusi sebanyak 9.980 buah.

"Upaya pemeliharaan dan perbaikan instalasi listrik kami lakukan setiap saat dan secara berkala untuk menekan potensi terjadinya gangguan listrik, terutama dari gangguan pohon dan tanam tumbuh milik warga yang jaraknya harus minimal 3 meter dari jaringan listrik," jelas Ari.

Aplikasi Peta Pohon

Baca juga : BPKN Gencar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

Khusus perawatan jaringan listrik agar tidak terganggu oleh pohon dan tanam tumbuh milik warga, seluruh unit layanan diwajibkan untuk melakukan penyisiran dan perawatan jalur yang dilewati jaringan listrik (ROW) agar terbebas dari gangguan pohon.

"Untuk memonitor keberadaan pohon dan tanam tumbuh milik warga yang mendekati jaringan listrik, kami menggunakan aplikasi peta pohon, dimana melalui aplikasi ini kami dapat mengetahui secara riil kondisi pohon yang sudah mendekati jaringan listrik, agar dapat dipangkas atau ditebang oleh petugas kami," tutur Ari.

Terkait kegiatan pemangkasan pohon yang berada di pinggir jalan, Ari menegaskan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

Melalui aplikasi peta pohon seluruh unit dapat melakukan perencanaan kegiatan pemeliharaan ROW setiap hari. Setiap pekerjaan yang dilaksanakan harus didokumentasikan, dilaporkan dan di-upload dalam aplikasi tersebut sehingga dapat dimonitor setiap saat.

"Kami mewajibkan seluruh unit layanan melakukan upaya pemeliharaan ROW setiap hari untuk mengantisipasi dan menekan seminimal mungkin terjadinya gangguan listrik yang disebabkan oleh pohon dan tanam tumbuh milik warga," imbuh Ari.

Baca juga : Transjakarta Sediakan Akses Wifi Gratis Di 9 Koridor

Diakuinya, bahwa upaya yang dilakukan oleh PLN dalam menjaga keandalan pasokan tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

"Listrik itu milik kita bersama karena kita yang menikmatinya. Dukungan masyarakat sangat kami harapkan dalam menjaga keandalan pasokan listrik. Jika terjadi gangguan atau menemukan potensi terjadinya gangguan listrik dapat segera menghubungi Contact Center PLN 123, atau menghubungi kantor layanan PLN terdekat," tutup Ari. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.