Dark/Light Mode

PT Pos Sudah Salurkan 93 Persen Bantuan Sosial Tunai Di Jatim

Sabtu, 5 Desember 2020 11:31 WIB
Pegawai PT Pos Indonesia sedang menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). (Foto: ist)
Pegawai PT Pos Indonesia sedang menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Tim Bantuan Sosial Tunai (BST) PT Pos Indonesia, Husein Haris mencatat, penyaluran BST tahap 8 di wilayah Jawa Timur sudah terealisasi hingga 93 persen. Bantuan Sosial Tunai sudah diberikan kepada 1.196.445 dari 1.291.113 total penerima di wilayah Jawa Timur. 

Secara nasional, PT Pos sudah merealisasi BST kepada 7,9 Juta dari total 8,5 juta data penerima per awal Desember 2020. “Kami berusaha agar target penyaluran BST bisa mencapai target realisasi 100 persen hingga akhir Desember untuk BST tahap 8 dan 9," kata Haris, Sabtu (5/12).

Baca juga : UE Sawer Ratusan Miliar Bantu Tangani Corona Asia Tenggara

Penyaluran BST tahap 8 dan 9 sudah direalisasikan pada November lalu hingga Desember 2020 dengan nilai bantuan per KPM sebesar Rp 300 ribu per bulan. 

Menteri Sosial, Juliari Batubara mengatakan, program lanjutan penyaluran bantuan sosial, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap semua warga yang terdampak pandemi.

Baca juga : Presiden Sahkan 9 Peraturan Turunan UU Disabilitas

“Semua bantuan sosial dari pemerintah yang disalurkan oleh Kemensos sebagai upaya meringankan beban dari masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata Juliari saat menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako dan bantuan sosial tunai bagi warga yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk mengatasi dampak buruk dari pandemi, pihaknya memberikan program perlindungan bagi masyarakat melalui program reguler dan program khusus penanganan dampak pandemi Covid-19. 

Baca juga : LPDB Guyur Bantuan Modal Koperasi Tuna dan Perinus Ambon

Beberapa program tersebut diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako bantuan Pangan non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Terkait penyaluran BST, Kemensos menggandeng PT Pos Indonesia sebagai mitra pemerintah dalam distribusi BST. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.