Dark/Light Mode

Gelar BRIlianpreneur Secara Virtual

BRI Salurkan Kredit UMKM Hingga Rp 754 Triliun

Kamis, 10 Desember 2020 11:48 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk  hingga September 2020 telah menyalurkan kredit ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 754 triliun atau sebesar 85,6 persen dari total kredit BRI sebesar Rp 935 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso merinci, sepanjang tahun 2017-2020 BRI juga sudah mencatat sebanyak 6,8 juta nasabah UMKM Yang naik kelas. Hal itu didorong dari berbagai program UMKM yang ada di BRI yaitu BRIncubator.

Baca juga : Melalui Akseleran, Pegadaian Salurkan Pinjaman UMKM hingga 300 Miliar

"Di mana dari program BRIncubator ini mendorong kapasitas dan kesiapan UMKM untuk pasar ekspor," jelasnya dalam Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2020 yang digelar secara virtual, Kamis (10/12).

Meski terdampak Covid-19, pemerintah memberikan berbagai stimulus yang disalurkan lewat BRI. Sunarso menekankan, seusai peraturan Kemenkeu, penempatan deposito pemerintah sebesar Rp 15 triliun telah disalurkan kredit ke UMKM sebesar Rp 45 triliun dalam kurang dari 3 bulan yang diterima oleh 1,2 juta nasabah.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, BNI dan PNM Kerja Sama Salurkan Kredit UMKM

Selanjutnya government spending subsidi bunga UMKM disalurkan sebesar Rp 4,5 triliun ke 6,6 juta nasabah, government spending subsisi Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro mencapai Rp 7,4 triliun kepada 844 ribu nasabah, subsisi gaji Rp 3,5 triliun ke 2,9 juta penerima, Bantuan Presiden (Banpres) Usaha Mikro disalurkan sebesar Rp 13,8 triliun ke 5,7 juta penerima.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.