Dark/Light Mode

Gelar BRIlianpreneur Secara Virtual

BRI Salurkan Kredit UMKM Hingga Rp 754 Triliun

Kamis, 10 Desember 2020 11:48 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
"Selanjutnya stimulus government guarantee kredit mencapai Rp 7,5 triliun ke 12 ribu nasabah yang dijamin lembaga penjaminan dan stimulus UMKM BRI kami telah restrukturisasi kredit hingga Rp 213 triliun ke 2,9 juta nasabah sesuai dengan peraturan OJK," rinci Sunarso.

Dalam mendorong UMKM terutama untuk bisa go global, BRIlianpreneur UMKM Export 2020 digelar sejak 1-15 Desember 2020, di mana acara ini menampilkan 573 produk UMKM binaan BRI, dari berbagai bidang usaha meliputi fashion aksesoris and beauty, home decor dan craft serta food and beverage.

Baca juga : Melalui Akseleran, Pegadaian Salurkan Pinjaman UMKM hingga 300 Miliar

Acara ini sekaligus mempertemukan pelaku UMKM dengan 82 calon pembeli dari mancanegara yang berasal dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia dan lain-lain.

Kemudian ada pasar online yang menampilkan 573 UMKM peserta yang tersebar melalui 5 marketplace Tokopedia, Bukalapak, blibli, Lazada, dan shopee, yang bekerja sama dengan Indonesia Mall milik BRI.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, BNI dan PNM Kerja Sama Salurkan Kredit UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, UMKM maju dengan sangat pesat di Indonesia, didorong dengan perkembangan digital UMKM Indonesia tak boleh kalah. Mengembangkan usaha memperbaiki rantai pasok di dalam negeri. "Setelah melewati masa sulit dan survive, kita yakin meningkatkan kapasitas," ucapnya di kesempatan yang sama.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga mengapresiasi agar BRIlianpreneur ini mamou meningkatkan kontribusi UMKM ekspor di Tanah Air yang saat ini mencapai 14 persen. "Dulu kita pernah ekspor UMKM hingga 20 persen, semoga angka ini terus meningkat, sehingga berkontribusi lebih ke ekonomi nasional," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.