Dark/Light Mode

Hadapi Nataru, Penjualan Tiket Kereta Api Baru 22 Persen

Jumat, 11 Desember 2020 18:30 WIB
Ornamen Kereta Api sambut  libur Natal dan Tahun Baru  2021.
Ornamen Kereta Api sambut libur Natal dan Tahun Baru 2021.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (persero) mencatat, per 11 Desember 2020  tiket kereta api (KA) libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) baru terjual 222.867 tiket atau 22% dari jumlah tiket yang disediakan. Adapun waktu keberangkatan favorit yaitu 24, 27 Desember 2020 dan 3 Januari 2021.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menyatakan, bahwa KAI berkomitmen penuh mempersiapkan layanannya sebaik mungkin, khususnya pada masa libur Nataru. 

Masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa KAI karena telah menerapkan protokol kesehatan di setiap waktu. “Kami harap minat masyarakat kembali dalam menggunakan moda transportasi kereta api pada masa libur Nataru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” kata  Joni , Jumat (11/12).

Selain itu, KAI juga mengubah Signage di stasiun menjadi standar Internasional serta menghadirkan ornamen Nataru pada Lokomotif, Kereta dan Stasiun dalammenyambut masa libur Nataru 2021.

Baca juga : Penanganan Kasus Penembakan Anggota FPI Harus Transparan

Perubahan ini diterapkan pada seluruh signage di stasiun, baik yang posisinya digantung, berdiri ataupun yang menempel di dinding.

“Dengan meningkatnya pelanggan pada musim libur nataru, KAI menghadirkan signage standar internasional di stasiun, sehingga pelanggan dapat lebih mudah dan cepat untuk menuju lokasi atau fasilitas yang diinginkan,” ujar Joni.

Standarisasi signage diterapkan antara lain pada ikonografi dan pewarnaan. Warna yang digunakan juga mengikuti pewarnaan standar internasional ISO 7010 untuk rambu-rambu keselamatan dan kedaruratan. 

“Perubahan ini akan membuat pengalaman pelanggan saat berada di stasiun menjadi lebih baik. Sistem wayfinding signage dalam lingkungan KAI dimodernisasi untuk menjadi alat bantu navigasi para pelanggan,” jelas Joni.

Baca juga : Pegadaian Raih Penghargaan Marketer of The Year 2020

Pada tahap awal, modernisasi signage ini akan diterapkan di stasiun-stasiun besar terlebih dahulu seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Gubeng, Medan, dan Kertapati. KAI juga akan mengaplikasikan pemberuan signage secara bertahap di stasiun-stasiun lainnya.

Ornamen KA Libur Nataru 

Untuk menyemarakkan masa libur Nataru, KAI juga menghias lokomotif, kereta, dan stasiun dengan hiasan ornamen Natal.Penambahan ornamen tersebut, diterapkan pada 26 stasiun besar, seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, dan sebagainya.

KAI menghadirkan 10 lokomotif yang menggunakan livery khusus yang dirangkaikan pada KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp) dan Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp). Kereta-kereta juga diberikan ornamen khusus pada masa libur Nataru. “Tahun ini, kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda dengan turut menghias lokomotif dan kereta," pungkasnya. [FIK]

Baca juga : Libur Nataru, Doni Ajak Warga Di Rumah Saja


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.