Dark/Light Mode

Ini Cara Pertamina Dorong Pekerja Tingkatkan Mutu Dan Terus Berinovasi

Jumat, 11 Desember 2020 21:19 WIB
Foto: Dok. Pertamina
Foto: Dok. Pertamina

 Sebelumnya 
Dengan menggunakan metode siklus Plan, Do, Check, Action (PDCA) dan sesuai aspek PANCA MUTU (Quality, Cost, Delivery, Safety dan Morale), Forum CIP mengusung beberapa ketegori, yakni Project Collaboration Improvement (PC-Prove), Functional Team Improvement (FT-Prove), Replication Team Improvement (RT-Prove), dan Individual Improvement (I-Prove).

Baca juga : Indonesia Power Dorong ITS Ciptakan Kompor Pintar

Tahun 2020 ini terdapat 204 gugus atau kelompok kerja yang berpartisipasi dalam Forum CIP Regional Jawa Bagian Barat. "Hal ini merupakan jumlah gugus terbanyak dalam 4 tahun terakhir, dan menghasilkan total real value creation sebesar Rp 345 miliar. Saya turut mengapresiasi insan Pertamina, karena situasi pandemi tidak memadamkan antusiasme dan energi mereka untuk terus berkarya dan mencetak berbagai inovasi,” ungkapnya.

Baca juga : HUT Pertamina Ke-63, Patra Niaga Hidupkan Energi untuk Kemajuan Negeri

Salah satu gugus yang mendapatkan kategori terbaik merupakan kelompok pekerja dari Intergated Terminal Jakarta. Kelompok ini menyajikan ide inovasi terkait quality control di pengujian laboratorium.

Baca juga : BMKG : Siang Ini Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan Ringan

Werry menambahkan untuk gugus lainnya, terus berinovasi dan mencari solusi untuk sarana dan fasilitas pelayanan untuk masyarakat seperti di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) maupun Pertashop. “Inovasi-inovasi yang terpilih dan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan, dapat direplikasi di lokasi-lokasi kerja Pertamina lainnya,” pungkas Werry. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.