Dark/Light Mode

BRI Ventures Beri Pendanaan Seri A Ke Brand Lokal Brodo

Selasa, 15 Desember 2020 10:50 WIB
BRI Ventures Beri Pendanaan Seri A Ke Brand Lokal Brodo

 Sebelumnya 
Ketua Pengelola Investasi Sembrani Nusantara, Markus Rahardja mengatakan, para pendiri Brodo menyadari hal ini dan berharap munculnya merek-merek lokal dengan kualitas yang tidak kalah baik dapat menjadi solusi bagi konsumen.

Selain itu, konsumen generasi milenial dan generasi Z juga sudah sangat savvy dan tidak hanya memedulikan brand apa yang mereka pakai, tetapi juga prinsip dan idealisme apa yang diusung oleh brand tersebut dan customer experience seperti apa yang mereka dapat saat berinteraksi dengan brand.

Didirikan pada tahun 2010, Brodo memulai perjalanannya pada zaman dimana masih ada stigma yang membuat konsumen memiliki persepsi bahwa kualitas sepatu merek internasional selalu jauh lebih bagus daripada sepatu bermerek lokal.

Baca juga : Baznas Beri Penghargaan Kepada Organisasi Pengelola Zakat

Para pendiri Brodo yakin perajin lokal pun bisa membuat sepatu dengan kualitas yang sama. Sayangnya, belum ada merek yang bisa mewakili aspirasi konsumen. Pada waktu itu, Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia kemudian mencoba peruntungan mereka dengan menjual sepatu berbahan dasar kulit.

Satu dekade berlalu, saat ini Brodo sudah merambah ke model sepatu lain dengan bahan dasar kanvas dan berkolaborasi dengan seniman-seniman muda lokal untuk meluncurkan sepatu-sepatu edisi terbatas.

Selain itu, Brodo juga menempatkan diri sebagai pelopor brand khusus pria dengan pendekatan pemasaran yang relevan dengan konsumen. “Menjadi sebuah kehormatan bagi Brodo bisa bergabung menjadi bagian dari keluarga BRI Ventures dan GDP Venture," ucap CEO Brodo, Yukka Harlanda.

Baca juga : BRI Ventures Suntik Modal Rp 30 M Ke Haus! Indonesia

Diakui Yukka, Mencari partner yang satu visi dan misi tidaklah mudah. "Sejak hari pertama kita saling bertemu, ibarat jodoh, tidak ada sekalipun keraguan atas potensi brand lokal asli Indonesia untuk bisa eksis dan tumbuh di pasar Internasional,” imbuhnya.

Ia berharap ini bisa menjadi momentum kebangkitan untuk brand UMKM lokal, terutama di momen penuh tantangan seperti sekarang. Brodo akan menggunakan dana ini untuk dua hal utama.

Pertama, berinvestasi pada inovasi produk dan rantai pasok di industri sepatu yang ditopang oleh para pelaku industri kecil dan menengah Indonesia. Kedua, sesuai dengan komitmen Brodo terhadap ekosistem brand lokal, kami akan meluncurkan servis dan tools untuk membantu para brand lokal lainnya untuk bisa tumbuh berkembang lebih cepat lagi.

Baca juga : LPDB-KUMKM Beri Pembiayaan Syariah Rp 4 M ke BMT Fadhilah Sentosa

Tidak terlalu banyak yang perlu dirayakan, sekarang waktunya kembali ke meja kerja, meja gambar, dan meja jahit, karena perjalanan kita baru saja dimulai. meja gambar, dan meja jahit, karena perjalanan yang baru saja dimulai. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.