Dark/Light Mode

Gelar Festival Diskon Nasional

Kementerian BUMN Dongkrak Usaha Kecil

Rabu, 16 Desember 2020 06:10 WIB
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kementerian BUMN Loto S Ginting. (Foto : Istimewa).
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kementerian BUMN Loto S Ginting. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan sejumlah perusahaan pelat merah berkolaborasi menyelenggarakan Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16-31 Desember 2020.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kementerian BUMN Loto S Ginting menggarisbawahi, UMKM menjadi sektor paling terdampak pandemi dalam sembilan bulan terakhir.

Padahal, sektor ini menjadi salah satu penggerak utama perekonomian nasional. Dengan jumlah pelaku melebihi angka 60 juta orang.

Karenanya, guna mendongkrak kembali animo masyarakat berbelanja produk lokal, maka pemerintah menggelar satu eventpromo terbesar di Tanah Air.

Baca juga : Gelar Creative Fest BCIC, Kemenperin Dongkrak Daya Saing industri Kreatif

“Acara ini melibatkan empat Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), 24 BUMN dan Afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5 ribu merchant konvensional, 211 ribu merchant UMKM dan lima uang elektronik,” katanya di Jakarta, kemarin.

Loto, yang juga Ketua Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN menjelaskan, hal yang menarik dari penyelenggaran acara ini adalah penjualan produk bisa dilakukan secara online maupun offline.

Di mana informasi produk dan diskon yang ditawarkan, serta informasi mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dapat diakses di www.festivaldiskonnasional.com.

Dia berharap, acara ini dapat menghadirkan dampak post-event yang signifikan. Salah satunya, merchant lokal berkualitas diharapkan semakin dikenal. Dan transaksi belanja kian meningkat kendati acara sudah berakhir.

Baca juga : Agar Ekonomi Bergerak, Jokowi Minta Kementerian Belanjakan Duitnya Awal Tahun

“Kami harap, dari berbagai produk berkualitas hasil merchant lokal di pameran, menjadi pemicu kebangkitan sektor UMKM,” katanya.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menambahkan, kampanye pre-event Festival Diskon Nasional telah dimulai pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 11-12 Desember 2020. Tepatnya, melalui kerja sama dengan iDea (Indonesian E-Commerce Association).

Kemudian, rangkaian berlanjut dengan kolaborasi bersama Hippindo (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), melalui program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan 16-31 Desember 2020.

“Kami juga bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dengan melibatkan perajin-perajin binaan Dekranas dalam Bazar Milenial,” imbuhnya.

Baca juga : BKS Ajak Generasi Muda Ciptakan Inovasi Di Tengah Pandemi Covid

Pada FDN 2020, seluruh merchant dan mitra pendukung akan memberikan penawaran terbaik lewat program diskon maupun cashback.

Merchant yang tergabung dalam event ini dikelompokkan dalam tujuh kategori. Yakni Fashion, Craft, Food & Beverages, Health & Beauty, Hobby & Lifestyle, Tourism dan Telco.

“Kami ingin produk-produk ini menarik minat masyarakat untuk berbelanja. Karena sesuai dengan kebutuhan dan diperoleh dengan harga relatif terjangkau,” tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.