Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Proyek Strategis Nasional, Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban

Senin, 21 Desember 2020 19:21 WIB
Dukung Proyek Strategis Nasional, Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendukung aksesibilitas energi untuk Proyek Strategis Nasional, Pelabuhan Patimban yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada Minggu (20/12), PT Pertamina (Persero) menyiapkan pembangunan Storage Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan pelabuhan tersebut.

Dalam acara peresmian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Pertamina telah berperan untuk memenuhi kebutuhan energi di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya, dengan membangun storage BBM.

“Pertamina akan melakukan pembangunan dukungan energi bagi Pelabuhan Patimban dan sekitarnya. Pelabuhan Patimban yang akan terkondisi dengan jalan tol dan jalan kereta api ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Sehingga, perekonomian meningkat dan memberikan manfaat yang luas pada masyarakat,” kata Menhub di hadapan Presiden Jokowi.

Baca juga : 3 Kapal Patroli Kawal MV Suzuka Express Dari Pelabuhan Patimban

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menambahkan, dalam upaya mencapai ketahanan energi nasional, Pertamina terus memastikan aksesibilitas energi dapat terlaksana dengan baik di seluruh Indonesia. Mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Termasuk, mendukung aksesibilitas energi untuk Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban.

“Pembangunan Storage BBM ini akan memberikan kemudahan dalam rangka mendukung seluruh aktivitas kendaraan, kapal, dan sarana operasi di Pelabuhan Patimban, yang sudah mulai beroperasi. Melalui perhitungan yang sudah kami lakukan, Storage BBM ini juga akan jauh lebih efektif dalam melakukan pelayanan, melengkapi fasilitas yang sudah ada saat ini. Secara jangka panjang, ini adalah investasi yang baik bagi Pertamina dan bagi seluruh pelanggannya,” jelas Nicke.

Menurutnya, pembangunan Storage BBM ini cukup strategis karena Pertamina selaku BUMN, menciptakan kehadiran negara untuk melayani kebutuhan operasi pelabuhan.

Baca juga : Bentuk Satgas Nataru, Pertamina Siap Kawal Distribusi Energi

Storage BBM ini juga akan memberikan aksesibilitas yang lebih dekat dan mudah, dalam pelayanan secara langsung di Pelabuhan Patimban.

Saat ini, daerah sekitar Pelabuhan Patimban mendapatkan distribusi BBM melalui Storage di Tanjung Priok dan Balongan yang relatif lebih jauh.

"Selain memberikan dukungan energi dan memastikan pelayanan maksimal di Pelabuhan Patimban sebagai bentuk menjaga ketahanan energi nasional, kami juga berharap, pergerakan aktivitas di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Nicke. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.