Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DKAI 2020 Jadi Media Kreasi Anak Tanpa Batas Saat Pandemi

Rabu, 23 Desember 2020 15:33 WIB
Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar/Ist
Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI) 2020, merupakan kompetisi antarsekolah dasar untuk mengajak anak-anak berpikir kreatif dan peduli dengan permasalahan sekitar. 

Di tengah pandemi, DKAI 2020 bertransformasi menjadi kompetisi berbasis digital.

Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar mengatakan, program ini diharapkan memberikan inspirasi bagi para pelajar dan pengajar di tingkat sekolah dasar untuk berprestasi dan berkreasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, nuritisi, lingkungan serta seni dan kreativitas.

“Program ini guna mendukung anak Indonesia mengembangkan kreativitas mereka dan peduli dengan permasalahan di sekitarnya. Bahkan saat ruang gerak belajar mereka terbatas,” jelas Ganesan.

Baca juga : Diangkat Jadi Mensos, Risma Tak Akan Lupakan Warga Surabaya

“Nestle menggunakan potensi makanan dan minuman untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang. Hal ini kami wujudkan salah satunya lewat program ini,” tambah dia.

Program DKAI 2020 berhasil meraup antusias 1.705 pelajar sekolah dasar dari seluruh Indonesia. 

Anak-anak menuangkan idenya ke dalam video presentasi berdurasi lima menit. Mulai dari bernyanyi hingga bercerita. DKAI 2020 pun telah mengumumkan 40 ide kreasi terbaik.

“Kami percaya anak-anak memiliki peranan penting yang akan menentukan kualitas bangsa. Semoga berbagai program edukatif dari Nestle menjadi bagian dari proses pertumbuhan sang buah hati dan melahirkan inovasi yang membanggakan untuk masyarakat,” tutup Ganesan.

Baca juga : DKAI Wadah Anak Menyalurkan Ide, Kreatifitas dan Peduli

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung kehadiran DKAI secara daring sebagai upaya menghadirkan solusi inspiratif, baik bagi para pelajar, pengajar di sekolah hingga orang tua. 

Ini demi mengatasi kejenuhan yang diakibatkan oleh sistem pembelajaran jarak jauh agar anak-anak terus berprestasi, berkreasi dan berinovasi.

“Kami berharap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan. Guna menciptakan generasi muda yang kompetitif, kreatif, innovatif serta berkarakter baik dan berkualitas untuk mendukung Generasi Emas Indonesia 2045,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Artis Shahnaz Haque yang menjadi salah satu juri DKAI 2020 senang melihat kreativitas dan ide anak-anak lewat video kompetisi.

Baca juga : Catatan Akhir Tahun Hak Anak Indonesia, Saat Pandemi

Menurutnya, jika semua anak dengan bantuan orangtua dan guru dapat memupuk sejak dini kemampuan kognitif, keingintahuan, pengamatan, networking hingga melakukan percobaan, maka potensi inovasi mereka akan berkembang pesat, dan mendukung kemajuan Indonesia di masa depan.

Pada kesempatan istimewa ini, Nestle DANCOW juga menyerahkan 10.000 paket nutrisi DANCOW FortiGro. 

Nestle berharap, kontribusi ini dapat mendukung proses pembelajaran dan pertumbuhan anak-anak Indonesia secara optimal, terutama di masa pandemi. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.