Dark/Light Mode

Bantu Masyarakat Lunasi Haji

Bank Mandiri Syariah Siapin Aplikasi Digital

Minggu, 24 Maret 2019 05:26 WIB
Gedung Bank Mandiri Syariah
Gedung Bank Mandiri Syariah

RM.id  Rakyat Merdeka - Umat Islam di Tanah Air tengah sibuk melengkapi administrasi naik haji. Biar nggak makin repot, Bank Syariah Mandiri atau akrab disebut Mandiri Syariah siap melayani nasabah yang ingin melunasi biaya haji. Caranya dengan aplikasi digital.

Untuk diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019. Tahap pertama, dimulai 19 Maret hingga 15 April. Tahap kedua, 30 April sampai dengan 10 Mei. BPIH sebesar Rp 35.235.602.

Sebagai salah satu bank yang menyediakan produk naik haji, Mandiri Syariah ingin memanjakan nasabahnya. Mereka menyiapkan platform digital channel dalam rangka pelunasan BPIH 2019.

Baca juga : Pertengahan Tahun, Empat Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi

Senior Executive Vice President Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan, platform itu bernama Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking. "Platform tersebut akan memudahkan nasabah melakukan pelunasan, di samping layanan pelunasan melalui kantor cabang yang sudah ada sebelumnya," kata Anton di Jakarta, kemarin.

Dia yakin fasilitas digital yang disediakan Mandiri Syariah membuat nasabah lebih mudah, nyaman, dan fleksibel. Sebab nasabah bisa melakukan pelunasan melalui ponsel pintar, komputer maupun laptop, tanpa harus datang ke kantor cabang dan mengantre di teller.

Tiga hari setelah pelunasan, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Adapun persyaratan yang harus dibawa nasabah Kemenag antara lain, resi pelunasan dari bank dan 10 lembar pas foto 4×6 dengan background putih, 80 persen wajah (closeup).

Baca juga : Sandiaga Uno: Presiden 2019 Sudah Tercatat Di Lauhul Mahfudz

Anton mengungkapkan, total jamaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini sekitar 79 ribu. Jumlah tersebut sekitar 31 persen dari total jamaah haji Indonesia tahun 2019 yang berjumlah 220 ribu. Dari sekitar 79 ribu yang berhak lunas tahun ini, dia memperkirakan pelunasan melalui layanan digital akan mencapai 13 persen.

Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza menambahkan, fasilitas ini juga memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah. Selain melalui fasilitas e-channel, nasabah yang berada di luar jangkauan kantor cabang juga bisa melakukan pelunasan di Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

Guna mengakomodir kebutuhan sehari-hari jamaah haji selama di Tanah Suci, Mandiri Syariah menyiapkan layanan penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) dengan paket nilai SAR beragam di seluruh kantor Cabang. Per Desember 2018, rekening Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai 1,8 juta. Sekitar 72 persen, atau 1,3 juta dari nasabah tersebut sudah terdaftar dalam Siskohat Kemenag. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.