Dark/Light Mode

Kado HPN 2019 Untuk Masyarakat

Warga Bangkalan Semangat Ikut Baksos HPN 2019

Kamis, 31 Januari 2019 11:41 WIB
Gubernur Jawa Timur H Soekarwo (kiri) bersama Bupati Bangkalan RKH Abdil Latif Imron, menikmati minuman kesehatan ketika meninjau pameran Baksos HPN 2019. (Foto: Karim Paputungan/Rakyat Merdeka)
Gubernur Jawa Timur H Soekarwo (kiri) bersama Bupati Bangkalan RKH Abdil Latif Imron, menikmati minuman kesehatan ketika meninjau pameran Baksos HPN 2019. (Foto: Karim Paputungan/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sedikitnya 900 warga Bangkalan, Madura, antusias mengikuti aneka kegiatan Bakti Sosial Hari Pers Nasional 2019. Antara lain berupa pemeriksaan kesehatan, serta pemberian obat-obatan dan sembako gratis di Pendopo II Pemerintah Kabupaten setempat, Kamis (31/1) pagi.  

Pemeriksaan kesehatan meliputi skrining mata, tes kepikunan, kolesterol, asam urat, konsultasi gizi, penyakit dalam, pemeriksaan jantung, dan donor darah.

Baca juga : Ekonomi Masyarakat Purbalingga Bakal Semakin Meningkat

Begitu antusiasnya, banyak warga yang sudah hadir beberapa jam sebelum acara dimulai. Seusai pemeriksaan, seluruh pasien diberi obat-obatan dan sembako secara cuma-cuma. Bagi yang memerlukan penanganan lebih lanjut, langsung diberi surat rujukan ke rumah sakit. Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo, yang akrab disapa Pakde Karwo, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan baksos yang dimotori Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dilaksanakan dengan hati, untuk berbuat kebaikan. Khususnya, dalam bidang kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari menyatakan, baksos ini merupakan kado HPN 2019 untuk masyarakat Bangkalan. Ini adalah wujud kepedulian kalangan pers kepada warga di kabupaten ini.

Baca juga : Wahidin: Jangan Memancing Saya

Bupati Bangkalan, RKH Abdul Latif Imron menyampaikan ucapan terima kasih, karena wilayahnya dijadikan sebagai tempat bakti sosial. Agenda ini merupakan momentum untuk meningkatkan pendekatan antara kalangan pers, dengan masyarakat Bangkalan.

Selain pemeriksaan kesehatan, juga dilaksanakan pameran kesehatan, untuk membangun jejaring rujukan pelayanan kesehatan di wilayah Madura. Selain itu, juga ada kuis sehat cerdas.

Baca juga : Komisaris Utama Bank Mandiri Ikut Diperiksa KPK

Kegiatan baksos antara lain melibatkan RS Soetomo, RS Haji, RS Menur, RS Mata Masyarakat, RS Paru, dan RS PHC. Semuanya berlokasi di Surabaya. Rumah sakit lainnya adalah RSUD Bangkalan, RS Moch Noer Pamekasan dan RS Sumberglagah Mojokerto. Rumah sakit tersebut berada di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jatim. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.