Dark/Light Mode

Cegah Antrean Di Bandara

Calon Penumpang Disarankan Rapid Test Antigen H-1 Keberangkatan

Jumat, 25 Desember 2020 07:35 WIB
Suasana di terminal penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (Dok. Angkasa Pura I)
Suasana di terminal penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) mengimbau calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan.

Ini penting untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara.

"Sehingga proses keberangkatan pada hari keberangkatan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama," tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan pers, Jumat (25/12/2020).

Baca juga : Trafik Penumpang Di Bandara Angkasa Pura I Tembus 123.519 Orang

Bagi calon penumpang, diingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukkan di antrean validasi bandara tujuan.  

Untuk mengantisipasi terjadinya lagi penumpukan antrean  rapid test antigen di bandara, Angkasa Pura I senantiasa melakukan beberapa upaya perbaikan dari hari ke harinya yaitu:

- Penambahan beberapa titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara untuk mengurai penumpukkan antrean periksa dan menunggu hasil tes.

Baca juga : KAI Buka Layanan Rapid Test Antigen Di 15 Stasiun

- Penambahan petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang. 

- Menyiapkan alur antrean pendaftaran tes Covid-19, antrean pembayaran, pengambilan sample, area tunggu pengambilan hasil yang disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang datang untuk tes Covid-19. Pengaturan flow ini dievaluasi setiap harinya. 

- Menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes.

Baca juga : Calon Penumpang Pesawat Diimbau Siapkan Dokumen Keberangkatan Lengkap

- Berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.

"Untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes Covid-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah," tutup Faik Fahmi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.