Dark/Light Mode

Gandeng Sarinah, Pelindo III Kolaborasi Pemberdayaan UMKM di Pelabuhan Benoa

Kamis, 14 Januari 2021 19:35 WIB
Pelabuhan Benoa Bali (Foto: Pelindo III)
Pelabuhan Benoa Bali (Foto: Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN mendukung penuh langkah kolaborasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dengan PT Sarinah (Persero), dalam upaya pemberdayaan UMKM di Provinsi Bali.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto S. Ginting, di Jakarta, Kamis (14/1).

Menurutnya, langkah kolaborasi untuk pemberdayaan UMKM dapat membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Berita Terkait : Kemenhub Resmikan Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan Di Pelabuhan Patimban

Pelindo III dan Sarinah dapat saling mendukung dengan menunjukkan kompetensi sesuai bidang masing-masing.

Kolaborasi Pelindo III dan Sarinah ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman, yang dilakukan secara daring oleh kedua belah pihak.

“UMKM adalah salah satu pondasi perekonomian nasional. Oleh karenanya sebagai badan usaha yang memiliki peran sebagai agent of development, BUMN terus melakukan berbagai inisiatif dalam upaya membangun bangsa. Termasuk, pengembangan UMKM yang merupakan salah satu sendi perekonomian negara melalui 3 pilar pemberdayaan UMKM. Yaitu meningkatkan kapasitas usaha dan kompetensi UMKM, mendorong lembaga keuangan agar ramah bagi UMKM, dan meningkatkan koordinasi lintas sektor untuk mendukung ekosistem UMKM,” ungkap Loto S. Ginting.

Berita Terkait : Top! 10 Bandara Angkasa Pura I Raih Akreditasi Pelayanan Pelanggan Dari ACI

Sebagai bagian dari pemerintah, BUMN juga memiliki peran dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Terlebih, saat ini semua sektor terdampak akibat Covid-19, termasuk UMKM.

Dengan pemberdayaan UMKM, diharapkan pemulihan ekonomi nasional dapat menyentuh semua lapisan. Terlebih, saat ini pemerintah sedang menggaungkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer mengatakan, langkah kolaborasi dengan Sarinah merupakan bentuk keseriusan perseroan, untuk turut serta dalam upaya pemberdayaan UMKM.
 Selanjutnya