Dark/Light Mode

Laku 43.021 Unit, Honda Brio Nggak Ada Lawan

Senin, 18 Januari 2021 20:50 WIB
Honda Brio. (Foto: ist)
Honda Brio. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjualan Honda Brio sepanjang 2020 tidak ada lawannya. Model ini jadi mobil dengan penjualan tertinggi di antara semua merek.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat, sepanjang tahun lalu, berhasil menjual Honda Brio 43.021 unit di seluruh Indonesia. Dengan masing-masing penjualan sebesar 31.713 unit Honda Brio Satya dan 11.308 unit Honda Brio RS.

Honda Brio Satya dan Honda Brio RS juga memberikan kontribusi hingga 54 peesen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjan 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit. Hingga akhir 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen. Sementara, Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 perse. di segmen City Car.

Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia ini juga merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit. 

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

Berita Terkait : Ditopang Brio, Penjualan Honda Tetap Moncer Di Tengah Pandemi

President Director PT HPM, Takehiro Watanabe mengatakan, bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau. 

“Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ujarnya, Senin (18/1).

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. 

“Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda,” katanya.

Menurut dia, pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia. Mereka  terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama. 

Baca Juga : Dukung Pemerintah Tangani Pandemi, Unilever Siap Bantu Kelancaran Distribusi Vaksin

“Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” tuturnya.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC) berkualitas tinggi dari Honda. 

Tak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya juga didukung mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.

Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89 persen. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. 

Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia. Pada 2016, Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty. 

Baca Juga : DKI Punya Sekda Definitif, Wagub Yakin Kinerja Pemprov Bakal Lebih Optimal

Generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi yang semakin luas.

Sesuai dengan karakter dan profil konsumennya, Honda Brio juga banyak terlibat dalam berbagai ajang balap dan aktivitas yang lekat dengan anak muda. Sejak 2014, Honda menggelar ajang balap One Make Race untuk Honda Brio bertajuk Honda Brio Speed Challenge. Tak hanya itu, Honda Brio Saturday Night Challenge semakin memperkuat citra Honda Brio sebagai mobil sporty dengan membawa ajang slalom lebih dekat dengan anak-anak muda. [DIT]