Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Langitnya Biru, Jakarta Serasa di Pantai

Selasa, 9 Juni 2020 04:10 WIB
Ngopi - Langitnya Biru, Jakarta Serasa di Pantai
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Langit di hari Idul Fitri tahun ini sangat cerah untuk di wilayah Jakarta dan sekitanya. Di siang hari, matahari sangat terik dan membuat pusing jika keluar rumah tanpa penutup kepala. 

Warna langit pun sangat biru. Kalau kata istri saya, kala itu seperti sedang di pinggir pantai. Biru langit dan awan putih terlihat tampak indah. Saya pun menikmati langit hari pertama Lebaran dari halaman rumah sambil makan rujak dan es buah. Varian buahnya sangat banyak dan ditemani sambal rujaknya, sehingga bisa sambil asyik melihat langit biru. 

Baca juga : Daftar Pelanggaran Protokol di Masjid

Cuaca panas memang cocok makan buah-buah segar. Apalagi setelah sebulan puasa Ramadhan istimewa karena berada di tengah pandemi Covid-19 ini.

Pemandangan ini tentu sangat berbeda sebelum atau di awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Langit dan udara Jakarta dianggap penuh polusi dan sulit melihat langit biru di Jakarta seindah hari pertama lebaran tahun ini.

Baca juga : Gudik Versus Covid

Tiba-tiba saja saat itu saya teringat kata, “Al-‘Alam Mutaghayyir”. Arti bebasnya seperti ini, alam semesta berubah. Sebuah kalimat dari guru saya saat mengaji dulu.

Pemerintah DKI Jakarta atau pun pemerintah pusat mungkin sudah berusaha menurunkan tingkat polusi di Jakarta, penerapan ganjil genap kendaraan pun dilakukan, namun belum berhasil. Tetapi, di saat pandemi ini, justru langit dan udara menjadi lebih baik. Ketika tangan manusia tak mampu, kita harus mengakui bahwa Tuhan sangat mudah mengubah segala sesuatu yang sulit bagi manusia. Tuhan sedang menunjukkan Kuasa-Nya.

Baca juga : Mods Jakarta

Semoga saja pandemi segera usai. Setiap yang wafat mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Teruntuk kita yang masih dapat membaca tulisan ini semoga bisa mengambil hikmah dan terus memperbaiki diri.

Nana Maulana, Wartawan Rakyat Merdeka

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.