Dark/Light Mode

Rupiah Perkasa Jelang Pengumuman The Fed

Rabu, 27 Januari 2021 10:38 WIB
Ilustrasui nilai tukar rupiah. (Foto : Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasui nilai tukar rupiah. (Foto : Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat melemah dua hari kemarin sejak awal pekan, hari ini nilai tukar rupiah menguat 0,07 persen di level Rp 14.055 per dolar AS, dibandingkan perdagangan Selasa (26/1) sore di level Rp 14.065 per dolar AS.

Sebagian besar mata uang di kawasan Asia juga terpantau menguat terhadap dolar AS. Won Korea Selatan menguat 0,23 persen, ringgit Malaysia naik 0,12 persen, yuan China naik 0,05 persen, peso Filipina naik 0,04 persen, rupee India menguat 0,03 persen, dan dolar Singapura menguat 0,01 persen.

Indeks mata uang dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,22 persen menjadi 90,143.

Baca juga : Unit Pendidikan Kemenperin Dorong Pengembangan GeNose C19

Nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,25 persen ke level Rp 17.089, terhadap dolar Australia menguat 0,28 persen di posisi Rp 10.879, dan terhadap yuan China juga naik 0,23 persen ke level Rp 2.172.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra melihat, rupiah terdorong lantaran jelang pengumuman hasil rapat moneter Bank Sentral AS, The Fed, dolar AS memang terlihat melemah terhadap nilai tukar lainnya.

Menurutnya, pasar mengantisipasi kemungkinan Bank Sentral AS akan memberikan pernyataan yang mendukung kebijakan suku bunga rendah dalam jangka waktu yang lebih lama untuk membantu pemulihan ekonomi AS.

Baca juga : Polisi Tahan 2 Tersangka Penganiayaan Wartawan Flores Timur

“Sikap The Fed tersebut bisa menekan dolar AS dan sebaliknya, rupiah bisa menguat karena sentimen tersebut,” jelasnya di Jakarta, Rabu (27/1).

Namun di sisi lain, lanjut Ariston, kekhawatiran peningkatan kasus Covid-19 bisa membatasi penguatan.

“Hati ini rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp 14 ribu -14.100 per dolar AS," ujarnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.