Dark/Light Mode

Tiga Jagoan Usaha Wanita Juara Diplomat Success Challenge 2020

Kamis, 28 Januari 2021 15:17 WIB
Para Finalis Diplomat Success Challenge XI/Foto: Ist
Para Finalis Diplomat Success Challenge XI/Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Program ekosistem wirausaha dari Wismilak Foundation, Diplomat Success Challenge (DSC) XI, berhasil menjaring pengusaha muda yang akan memanfaatkan hibah modal hingga Rp 2 miliar. Tiga orang perempuan terpilih sebagai juara.

Ketua Dewan Komisioner DSC XI Surjanto Yasaputera berharap para pemenang bisa mewujudkan ide bisnis dan mengembangkannya.

“DSC XI selalu berupaya menjaring wirausahawan potensial yang memiliki kualitas 3P (Paham, Piawai, Persona), sehingga setiap tahunnya kami sangat bersyukur karena dapat terus bertemu talenta-talenta bisnis Indonesia yang luar biasa,” jelas dia.

Pemenang tersebut adalah Arlin Chondro, pemilik usaha aromaterapi yang memanfaatkan khasiat essential oils Peek Me Naturals. Perempuan asal Tangerang ini mendapat  hibah modal usaha sebesar Rp 300 juta.

Baca juga : Messi Diusir Wasit, Barcelona Gagal Juara Piala Super Spanyol

“Usaha saya berdiri sejak 2016. Hibah modal usaha ini akan dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mengembangkan bisnis, terutama di pandemi ini,” tegas Arlin.

Selain itu, ada Lidya Angelina Rinaldi, Founder La Dame in Vanilla, bisnisnya merupakan cerminan akan passion-nya dalam membuat kue dengan bahan vanilla terbaik dari tanah Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu penghasil vanilla terbesar di dunia, namun tidak banyak masyarakat yang tahu. Melalui La Dame in Vanilla saya ingin membawa vanilla Indonesia lebih dikenal di dunia,” tegas dia.

Tidak jauh berbeda bagi Anisa Azizah, Co-founder & CEO Tech Prom Lab. Menurutnya, DSC dapat membuka kesempatan yang lebih luas bagi bisnis yang baru dirintis.

Baca juga : Di Depan Gus Miftah, Retno Bicara Diplomasi

Tech Prom Lab, startup yang berfokus pada inovasi material bangunan, berdiri pada 2018.

“Teknologi yang kami terapkan pada inovasi beton berpori memiliki potensi besar di masa depan. Ilmu serta hibah modal usaha yang saya dapatkan dari DSC XI pastinya akan berperan besar untuk perkembangan Tech Prom Lab ke depannya,” urai Anisa.

Selain ketiga pemenang di atas, ada lima pelaku usaha lainnya yang memperoleh modal hibah mulai dari Rp 120 juta hingga Rp 150 juta. 

Sejak dibukanya pendaftaran pada 19 Agustus 2020, DSC XI berjalan serta beradaptasi dengan format semi virtual untuk mengakomodir proses sosialisasi maupun roadshow. 

Baca juga : Diplomat Kesulitan Cari Pohon Natal

Pendaftar pun melonjak hingga 25 persen dari tahun lalu. Total ada 15.589 pengaju proposal bisnis dalam gelaran yang ke-11 di tahun ini.

Dalam menjaring wirausahawan muda potensial selama gelarannya, DSC XI menggandeng 4 Mentor Nasional. 

Mereka adalah Handoko Hendroyono, Co-founder M Bloc Space & Filosofi Kopi, Inez Stefanie, Co-founder & Managing Director Supernovae, Helga Angelina, Co-founder Burgreens, dan Ario Pratomo, entrepreneur, content creator dan investor.

“Dalam 11 tahun perjalanannya, DSC menjelma menjadi sebuah program terintegrasi dan memiliki visi yang lebih besar, yaitu membangun ekosistem wirausaha yang kuat agar dapat berkontribusi demi percepatan pembangunan Indonesia,” tambah Programme Initiator DSC Edric Chandra. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.