Dark/Light Mode

Komunikasi Unggul, KAI Raih Penghargaan Gold Dalam Ajang BCOMSS 2021

Sabtu, 30 Januari 2021 19:10 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan Penghargaan Gold pada Communications-Media Relations Management dalam ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit 20/21 kepada PT KAI di Jakarta, Jumat (29/1).
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan Penghargaan Gold pada Communications-Media Relations Management dalam ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit 20/21 kepada PT KAI di Jakarta, Jumat (29/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meraih Penghargaan Gold pada sub-kategori Communications-Media Relations Management dalam ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 20/21 yang digelar Kementerian BUMN di Auditorium Telkom Hub, Jakarta, Jumat (29/1).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Acara ini turut dihadiri oleh presenter kondang Najwa Shihab, Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali, para Direktur Utama BUMN, dan lebih dari 200 peserta secara virtual.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian BUMN, yang telah memberikan penghargaan membanggakan bagi KAI. Kami juga berterima kasih kepada seluruh media yang selama ini mendukung KAI dalam pelaksanaan tugasnya,” ujar Didiek.

Baca juga : Sukses Kelola Komunikasi Eksternal, PGN Sabet BCOMSS 2021

Tema yang diangkat KAI, sehingga mendapat penghargaan tertinggi dalam penganugerahan tersebut adalah "Kehumasan Yang Adaptif di Masa Nataru." Melalui tema ini, KAI memberikan informasi dengan melakukan berbagai penyesuaian bentuk pelayanan kehumasan, serta beradaptasi dengan situasi-kondisi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Tujuannya, agar pelayanan kehumasan dapat terus berjalan dengan baik, dan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” kata Didiek.

Berbagai langkah dan metode komunikasi telah dilaksanakan KAI secara efektif, dan berhasil memberikan layanan maksimal kepada media yang meliput KAI pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga : Pusdiklat DPR Raih Penghargaan Zona Integritas Dari Kementerian PAN-RB

“Langkah KAI yang terus memberikan informasi yang komprehensif dan positif kepada masyarakat melalui media massa, secara adaptif menyesuaikan era pandemi Covid-19, diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” ucap Didiek.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kepercayaan adalah kunci terpenting dalam komunikasi dan keberlanjutan di lingkungan BUMN. “Saya harus kembali menggarisbawahi kalau bicara communications and sustainability, tentu yang terpenting adalah kepercayaan. Tidak mungkin kita bisa berkomunikasi dengan baik, kalau kepercayaannya rendah. Tidak mungkin kita lakukan sustainability yang baik, tapi tidak dipercaya,” ujar Erick.

Gelaran BCOMSS 20/21 merupakan ajang penghargaan untuk program-program kerja terbaik yang dilakukan oleh perusahaan BUMN, perusahaan dengan Kepemilikan Negara Minoritas (PKNM), dan anak perusahaan BUMN Strategis di bidang komunikasi dan sustainability.

Baca juga : 10 Kota Besar Dunia Gelar Perayaan Tahun Baru 2021

BCOMSS 20/21 membuka 6 sub-kategori penghargaan. Setiap perusahaan BUMN, PKNM, dan anak perusahaan BUMN Strategis mengajukan program-program kerja terbaiknya selama periode tahun 2020 di sub-kategori yakni Communications (Social Media and Corporate Campaign, Internal Communications Implementation, Media Relations Management) dan Sustainability (Small Medium Enterprise Development, Community Involvement and Development, Creating Shared Value).

Juri ajang ini merupakan sosok-sosok yang kompeten di bidangnya untuk memberikan penilaian atas program kerja yang sudah dilakukan perusahaan BUMN, PKNM dan anak perusahaan BUMN Strategis. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.