Dark/Light Mode

Ekonomi Mulai Siuman, Rupiah Menguat Tipis

Senin, 1 Februari 2021 09:54 WIB
Nilai tukar rupiah. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Nilai tukar rupiah. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai tukar rupiah dibuka menguat tipis 0,01 persen ke level Rp 14.028 per dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan pekan lalu di level Rp 14.030 per dolar AS.

Mata uang Garuda menguat bersama mayoritas mata uang lainnya. Ringgit Malaysia melonjak 0,15 persen rupee India yang menguat 0,12 persen, won Korea naik 0,05 persen, pesso Filipina naik 0,04 persen dan baht Thailand naik 0,007 persen.

Indeks dolar di sisi lain menguat 0,30 persen ke level 90,727. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,51 persen ke level Rp 17.037, terhadap dolar Australia menguat 0,40 di level Rp 10.741 dan terhadap yuan China juga naik 0,87 persen ke level Rp 2.173.

Baca juga : Weekend Di Depan Mata, Rupiah Senyum-senyum

Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim menuturkan, penguatan indeks dolar tidak serta merta membuat mata uang garuda ikut melemah. 

Penguatan ini ditopang oleh data internal yang cukup bagus, sehingga pelaku pasar kembali mengoleksi mata uang garuda dengan kembali masuknya modal asing ke pasar finansial dalam negeri.

“Salah satu faktor penopang penguatan rupiah adalah sikap pelaku usaha yang mempersiapkan diri memperkuat perekonomian nasional guna menggerakkan roda perekonomian,” ujarnya dalam riset, Senin (1/2).

Baca juga : Potensi Ekonomi Pewarna Alami Di Tengah Pandemi

Hal ini lanjut Ibrahim, dilakukan dengan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

Termasuk dengan harapan bahwa proses perbaikan ekonomi akan berlanjut sepanjang 2021. Sinyal perbaikan ini sudah terlihat bahkan sejak kuartal IV-2020 lalu saat pertumbuhan ekonomi diproyeksi pada angka -2,9 persen atau lebih baik dari capaian Kuartal III-2020.

“Untuk perdagangan hari ini, mata uang rupiah kemungkinan masih akan fluktuatif di rentang tetapi dibuka menguat di rentang Rp 14.000-14.050 per dolar AS,” terangnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.